Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap Isi Pesan CEO OceanGate dengan Ahli Ekspedisi Laut Dalam, Bilang Begini soal Kapal Selam Titanic

CEO OceanGate Stockton Rush sempat berkirim pesan dengan ahli ekspedisi laut dalam Rob McCallum.
Kapal selam Titanic
Kapal selam Titanic

Bisnis.com, SOLO - Beberapa tahun sebelum kapal selam wisata Titanic meledak, CEO OceanGate, Stockton Rush, mendapat email dari ahli ekspedisi laut dalam, Rob McCallum.

Dilansir dari Intel Ligencer, Rob McCallum telah memeringatkan Rush tentang bahaya kapal selamnya.

“Saya pikir Anda berpotensi menempatkan diri Anda dan klien Anda dalam dinamika yang berbahaya,” tulis McCallum dalam satu pesan Maret 2018.

Akan tetapi, Stockton Rush berulang kali menepis masalah keamanan kapal selam Titan yang dilontarkan oleh berbagai pihak.

Menanggapi kritik tersebut, Rush menulis bahwa "pemain industri" mencoba menggunakan argumen keamanan untuk menghentikan inovasi.

“Sejak Guillermo dan saya memulai OceanGate, kami terlalu sering mendengar teriakan tak berdasar 'kamu akan membunuh seseorang'. Saya menganggap ini sebagai penghinaan pribadi yang serius," kata Rush, merujuk pada salah satu pendiri OceanGate, Guillermo Söhnlein.

Selain McCallum, kritikus lain yang juga mengkritik keamanan kapal selam Titanic adalah James Cameron.

Cameron adalah direktur Titanic dan penjelajah laut berpengalaman. Ia memberikan serangkaian wawancara menyusul berita tentang nasib kapal selam Titan.

Dalam keterangannya, Cameron tampaknya menyalahkan desain kapal selam  yang memiliki lambung serat karbon. Ia juga telah mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak pernah percaya pada teknologi itu.

“Saya pikir itu adalah ide yang mengerikan. Saya berharap saya angkat bicara, tetapi saya menganggap seseorang lebih pintar dari saya karena saya tidak pernah bereksperimen dengan teknologi itu. Tapi kedengarannya buruk di wajahnya," kata Cameron.

Alhasil, Rush menjadi salah satu korban dalam kecelakaan tersebut bersama empat miliader dunia lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper