Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Fakta Kapal Selam Wisata Titanic

Kapal selam Titanic telah menewaskan 5 orang miliader. Kapal selam ini memiliki fakta unik.
Kapal selam Titanic
Kapal selam Titanic

Bisnis.com, JAKARTA - Kapal selam Titanic yang dikabarkan hilang kontak di dasar Samudera Atlantik pada Minggu, 18 Juni 2023 lalu diketahui telah meledak dan menewaskan 5 orang di dal

Penjaga pantai AS telah mengonfirmasi bahwa  telah ditemukan puing-puing kapal selam Titanic pada kedalaman 1.600 kaki dari haluan Titanic yang diduga karena ledakan kapal selam tersebut.  Adapun beberapa fakta dari kapal selam wisata Titanic yang perlu Anda ketahui.

Berikut adalah beberapa fakta dari kapal selam Titanic:

1. Kapal selam ini menggunakan pengontrol game 

Kapal selam wisata Titanic ini menggunakan gamepad nirkabel Logitech untuk mengendalikannya. Komandan U.S.S. Colorado, Reed Koepp mengatakan bahwa meskipun jenis pengendali game ini banyak digunakan di kapal selam dan peralatan militer lainnya, termasuk oleh Angkatan Laut A.S, pengendali ini lebih murah dan lebih intuitif.

2. Kapal selam ini hanya dilengkapi oleh satu tombol

CEO OceanGate, Stockton Rush mengatakan bahwa kapal selam seberat 23.000 pon yang dioperasikan oleh OceanGate Expeditions ini hanya mengandalkan satu tombol yang berfungsi "seperti lift" untuk menyelam hingga kedalaman 13.100 kaki di bawah permukaan laut  dan tidak dilengkapi dengan radar atau sistem navigasi GPS.

3. Kapal selam ini belum disetujui untuk digunakan

Menurut reporter CBS David Pogue, kapal selam ini digambarkan sebagai eksperimental dan belum disetujui oleh badan pengawas manapun untuk beroperasi.

wisata kapal selam Titanic
wisata kapal selam Titanic

Kapal selam wisata Titanic/Marca

4. Kapal selam ini sempat mengkhawatirkan  para ilmuwan

Titan telah sukses dalam misi ke Titanic. Namun, kapal selam ini sempat menimbulkan kekhawatiran dari para ilmuwan dari Marine Technology Society yang menulis surat kepada OceanGate pada tahun 2018.

Isi surat tersebut berisi kritikan kepada perusahaan yang dianggap gagal dalam memenuhi seperangkat standar industri untuk keselamatan kapal. Akan tetapi, pihak OceanGate sendiri mengatakan bahwa Titan telah melampaui standar tersebut dan mengatakan bahwa mereka telah memitigasi risiko keselamatan. 

5. Kapal ini bisa saja terperangkap di dalam Titanic

Penjelajah samudra Jannicke Mikkelsen mengatakan bahwa kapal selam ini beroperasi dengan tujuh sistem untuk mengurangi beban dan mengapung ke permukaan jika terjadi keadaan darurat. Namun, Mikkelsen menduga bahwa kapal ini bisa saja terperangkap di dalam Titanic atau bahkan jaring ikan sehingga kapal ini tidak bisa naik ke atas permukaan laut. 

6. Kemungkinan yang terjadi pada Titan

Joe MacInnis, seorang penjelajah Kanada yang pernah turun ke lokasi bangkai kapal Titanic mengatakan bahwa meskipun kapal selam ini dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran, kapal selam tersebut bisa saja mengalami keretakan yang menyebabkan kapal itu meledak dan terisi air, atau kebakaran.

kapal selam wisata titanic
kapal selam wisata titanic

Kapal wisata Titanic/FT

7. Kapal selam ini dikunci dari luar

Setelah penumpang berada di dalam, palka akan dikunci dengan baut. Nantinya, para penumpang akan duduk di lantai dan menyandarkan punggung mereka ke dinding yang melengkung. Adapun toilet sederhana di dalam kapal selam tersebut.

8. Titan sangat minim fasilitas

Kapal ini hanya memiliki satu toilet dan tidak ada tempat duduk. Selain itu, kapal selam ini tidak memiliki jendela kecuali jendela depan yang digunakan penumpang untuk melihat Titanic. Berhubung kapal ini tidak memiliki GPS, Titan berkomunikasi dengan kapal induknya melalui pesan teks dan diharuskan untuk berkomunikasi setiap 15 menit. 

9. Titan didesain untuk muncul kembali

Kapal selam ini dirancang untuk bisa kembali naik ke permukaan. Titan ditahan di bawah air oleh pemberat yang membantu stabilitas kapal.

Sebelum melakukan perjalanan, para awak kapal akan diberi tahu bahwa mereka dapat melepaskan pemberat dengan mengayunkan kapal atau menggunakan pompa pneumatik. Namun, jika tali yang menahan pemberat itu gagal, 24 jam setelahnya  akan secara otomatis kembali ke permukaan laut.

10. Ada pemanas di dalam Titan

Titan ditenagai oleh sistem listrik eksternal, sementara sistem internal memberi daya pada komunikasi dan pemanas. Setelah menaiki Titan, suhu di dalamnya akan menjadi panas karena adanya pemanas, tetapi tidak akan bertahan selamanya karena akan berangsur dingin saat turun ke dasar laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper