Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Negara yang Merayakan Iduladha 29 Juni 2023, Bukan Cuma Indonesia

Bukan cuma Indonesia, berikut sejumlah negara yang merayakan Iduladha pada 29 Juni 2023
Bukit Bintang Malaysia/
Bukit Bintang Malaysia/

Bisnis.com, JAKARTA - Umat muslim di Indonesia merayakan Iduladha dalam dua hari yang berbeda, antara Muhammadiyah dan pemerintah.

Muhammadiyah akan merayakan Iduladha besok, 28 Juni 2023, sedangkan pemerintah menetapkan Iduladha jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023.

Perayaan Iduladha ini berbeda dengan Arab Saudi yang menyatakan lebaran kurban dilaksanakan pada Rabu, 28 Juni 2023. 

Indonesia bukan satu-satunya negara yang merayakan Iduladha pada 29 Juni 2023.

Sejumlah negara lain tercatat merayakan lebaran kurban pada hari Kamis itu juga. 

Lantas, negara mana saja yang akan merayakan Iduladha pada Kamis 29 Juni 2023? Berikut dikutip dari NU Online

1. Maroko

Mengutip dari Morrocco Wolrd News, Kementerian Urusan Islam Maroko mengumumkan bahwa Maroko bakal merayakan lebaran Iduladha 1444 Hijriah pada Kamis, 29 Juni 2023. Keputusan itu didasarkan pada hasil pengamatan hilal oleh kementerian yang menunjukkan belum terlihat bulan sabit.

2. Malaysia

Mengutip Arabian Bussines, Asisten Sekretaris Dewan Penguasa Malaysia, Negeri Jiran mengumumkan Iduladha jatuh pada Kamis 29 Juni 2023. Keputusan tersebut diambil lantaran tak ada bulan sabit yang terlihat.

3. Brunei Darussalam

Negara di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan tersebut juga akan merayakan Iduladha pada Kamis 29 Juni 2023. Hal ini disadarkan pada tidak didapatinya tanda-tanda kemunculan hilal.

4. Pakistan

Melansir Samaa, Pemerintah federal Pakistan menetapkan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Pakistan juga mengeluarkan kebijakan libur lebaran yang berlangsung mulai 29 Juni hingga 1 Juli 2023. 

5. India

Dalam tulisannya, News18 melaporkan pemerintah India mengumumkan bahwa Iduladha akan berlangsung pada Kamis, 29 Juni 2023. Keputusan tersebut didasarkan pada hasil pengamatan hilal yang dilakukan Senin (20/6/2023) lalu.

6. Jepang

Ruyat-e-Hilal Committee Jepang mengeluarkan edaran putusan pelaksanaan Iduladha 2023 di negara tersebut. Negara di Asia Timur ini akan melaksanakan lebaran kurban pada Kamis, 29 Juni 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper