Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20 Kata-Kata Ucapan untuk Iduladha Untuk Teman dan Keluarga

Bagi Anda yang ingin mengirimkan kata-kata selamat Iduladha bagi keluarga dan teman, silakan cek rekomendasi ucapan di bawah ini.
Ilustrasi berdoa usai salat/nu.or.id
Ilustrasi berdoa usai salat/nu.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Umat Islam akan merayakan Hari Raya Iduladha dengan beribadah dan berkurban hewan ternak. Simak rekomendasi kata-kata untuk

Sama seperti Idulfitri, malam sebelum Iduladha Muslim di masjid akan mengumandangkan takbir. Iduladha biasanya dimanfaatkan oleh Muslim untuk berbagi rezeki pada orang yang membutuhkan dan saling bermaafan. Biasanya, Iduladha juga disebut sebagai Hari Raya Haji atau Hari Raya Kurban.

Selain berbagi rezeki berbentuk daging kurban atau bahan makanan lain, berbagi ucapan juga baik dilakukan saat Iduladha. Mengucapkan selamat hari raya Iduladha berarti juga membagikan rasa syukur dan kebahagiaan. Hal ini juga dianjurkan oleh agama. Dilansir dari NU, banyak ulama yang membahas mengenai ini, termasuk dalam Mazhab Syafi’i sebagai berikut.

والتهنئة بالعيد سنة ويدخل وقتها في عيد الفطر بمغرب ليلته وفي الأضحى بصبح عرفة كالتكبير وبالعام والشهر 

Artinya: “Ucapan selamat (tahniah) hari raya ‘Id, pergantian tahun, dan pergantian bulan dianjurkan. Waktu tahniah untuk hari raya Idul Fitri berawal pada maghrib hari raya (malam takbiran). Sementara waktu tahniah untuk hari raya Idul Adha berawal pada Subuh hari Arafah seperti kesunahan takbir.” (Syekh Said bin Muhammad Ba’asyin, Buysral Karim, [Beirut, Darul Fikr: 2012 M/1433-1434 H], Juz II, halaman 352).

Membagikan ucapan selamat tidak perlu dilakukan tatap muka. Anda juga bisa membagikan ucapan tersebut melalui media sosial atau pesan singkat ke keluarga dan teman. Berikut beberapa ucapan yang bisa Anda bagikan. 

1. Semoga doa tulus Anda dijawab dan semoga Anda diberkahi dengan berkah pilihan Allah. Selamat Iduladha untuk Anda dan orang yang Anda cintai.

2. Doa dan pengorbanan Anda pasti akan terkabul. Pada Iduladha ini, rangkul berkah ilahi Allah dengan semua yang Anda miliki. Selamat Hari Raya!

3. Saya mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha. Hargai setiap momen yang indah ini dan semoga semua doa Anda segera terwujud.

4. Semoga Anda terus bertambah bijak setiap hari! Semoga hari raya ini membawa kebahagiaan bagi Anda dan keluarga. Selamat Iduladha!

5. Semoga Anda dan keluarga Anda mendapatkan kedamaian, keharmonisan, kebahagiaan, kesehatan dan kemakmuran pada Hari Raya Kurban. Selamat hari raya Iduladha untuk Anda dan semua orang.

6. Semoga Anda dan keluarga mendapatkan Hari Raya yang indah. Semoga tahun ini membawa kedamaian, kemakmuran, dan ketenangan.

7. Semoga Iduladha Anda bahagia dan bahagia! Anda dan keluarga akan berada dalam doa dan pikiran baik saya. 

8. Selamat Hari Raya Iduladha. Salam hangat saya untuk Anda dan keluarga Anda!

9. Pada Iduladha ini, semoga Allah memberkati Anda dengan kesehatan dan kebahagiaan yang baik. Idul Adha Mubarak.

10. Semoga Allah memberikan semua kemakmuran, kebahagiaan, dan kehidupan yang sehat. Idul Adha Mubarak.

11. Selamat Hari Raya Iduladha. Ini adalah permulaan yang baru bagi kita semua. Mohon maaf lahir dan batin.

12. Eid Al-Adha Mubarak! Semoga Hari Raya ini menjadi awalan yang baik untuk Anda dan orang-orang di sekitar.

14. Semoga pada hari raya ini kita semua bahagia dan penuh berkah. Mari menikmati daging kurban dengan bahagia dan rasa syukur. Selamat Iduladha.

15. Semoga yang dikurbankan akan menjadi keberkahan bagi Anda. Eid Al-Adha Mubarak!

16. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita semua dan memberikan pengampunan. Mari kita lebih banyak bersyukur dan berbagi. Selamat Hari Raya Iduladha.

17. Selamat Hari Raya Kurban untuk semuanya. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa umatnya. Mohon maaf lahir batin.

18. Buatlah Hari Raya ini menjadi perayaan yang indah dan penuh berkah dengan memanjatkan puja dan puji syukur pada Allah. Selamat Hari Raya Iduladha.

19. Di hari yang berbahagia ini semoga tidak ada kesedihan yang menyelimuti Anda. Allah akan mengabulkan doa-doa yang telah dipanjatkan. Selamat Iduladha.

20. Saling memaafkan akan menjadi keberkahan pada hari yang spesial ini. Selamat Iduladha dan mohon maaf lahir batin.


Selain berbagi ucapan pada semua orang, Iduladha juga memiliki sunnah-sunnah yang bisa dilakukan. Sunnah tersebut adalah melakukan takbir, mandi sebelum salat Iduladha, berpenampilan rapi, berjalan kaki menuju tempat salat, dan makan setelah salat.

Lalu, selain itu, memanjatkan doa-doa juga hal yang dianjurkan dalam agama. Jika tidak tahu doa apa yang tepat, Anda bisa melantunkan takbir sebanyak-banyaknya

اللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ لآاِلهَ اِلَّاالله وَاللهُ اَكْبَرُاللهُ اَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْد.

Allāhu Akbar – Allāhu Akbar – Lā ilāha illallāh – Wallāhu Akbar – Allāhu Akbar – Wa lillāhil hāmd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper