Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Contoh Ice Breaking Lucu yang Dapat Mencairkan Suasana

Ice breaking adalah kegiatan yang biasanya dilakukan untuk mencairkan acara. Berikut ini contoh ice breaking seru yang dapat menjadi inspirasi.
8 Contoh Ice Breaking Lucu yang Dapat Mencairkan Suasana/pexels
8 Contoh Ice Breaking Lucu yang Dapat Mencairkan Suasana/pexels

Bisnis.com, SOLO - Ice breaking adalah kegiatan yang biasa dilakukan dalam berbagai acara, baik formal maupun informal. Tujuannya yaitu untuk memecah kebekuan dan menciptakan suasana yang nyaman antara peserta. 

Dalam artikel ini, kami akan menghadirkan beberapa contoh ice breaking lucu dan ice breaking online yang bisa Anda gunakan di berbagai kesempatan. Yuk, simak artikel dibawah ini!

Contoh Ice Breaking Lucu

Berikut ini beberapa contoh ice breaking games lucu yang dapat Anda coba untuk menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan dalam berbagai acara atau pertemuan:

1. Group Map

Salah satu contoh ice breaking lucu adalah Group Map. Grup Peta adalah cara yang bagus untuk saling mengenal. Permainan ini melibatkan peserta menempatkan diri mereka pada peta imajiner yang terletak di ruangan, mewakili daerah asal mereka. Minta mereka berbagi satu nilai penting yang mereka peroleh dari daerah tersebut, serta alasan mengapa nilai tersebut berarti bagi mereka.

Anda juga dapat mendorong mereka untuk berbagi cerita pendek tentang pengalaman mereka jika mereka bersedia. Berbagi kebiasaan dan nilai-nilai masa kecil dapat memperkuat pemahaman dan membantu membangun ikatan yang lebih kuat.

2. Unique and Shared

Ice breaking seru berikutnya adalah Unique and Shared. Untuk memulai ice breaker ini, bagi peserta menjadi kelompok kecil dengan 4-5 orang, dan minta mereka mencari persamaan di antara mereka serta karakteristik unik yang menarik dari masing-masing anggota kelompok.

Salah satu contoh ice breaking ini akan membantu memperkuat rasa persatuan karena membuat peserta menyadari bahwa mereka memiliki banyak kesamaan dengan rekan-rekan mereka yang mungkin tidak mereka sadari sebelumnya.

3. Speed Dating

Cara bermain Speed Dating yaitu meminta peserta untuk berpasangan dengan rekan-rekan yang jarang mereka temui. Atur batas waktu (misalnya 3 menit) dan atur timer. Setelah dimulai, setiap pasangan harus memulai percakapan dan mencari tahu sebanyak mungkin informasi profesional tentang satu sama lain.

Dengan memperkenalkan setiap orang pada orang yang jarang mereka ajak bicara, ini akan mendorong tim Anda untuk lebih saling mengenal. Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan kekompakan tim.

4. Tebak Siapa

Untuk permainan Tebak Siapa, berikan setiap anggota tim tiga lembar kertas dan minta mereka menulis fakta unik tentang diri mereka di setiap kertas. Lipat kertas-kertas tersebut dan masukkan ke dalam sebuah wadah. Bacakan satu per satu dengan suara keras.

Selanjutnya, minta anggota tim lain menebak siapa yang menulis fakta tersebut. Setelah semua pemain menebak, minta anggota tim yang membagikan fakta untuk mengungkapkan identitas mereka dan berbagi lebih banyak informasi.

Referensi Ice Breaking Online

Berikut ini beberapa contoh game ice breaking online yang dapat Anda coba untuk menghilangkan kebekuan dan mempererat hubungan dalam pertemuan atau acara daring:

1. Tebak judul lagu online

Contoh ice breaking ini melibatkan tim dalam menebak judul lagu berdasarkan petunjuk yang diberikan. Salah satu anggota tim menjadi pemberi petunjuk dengan mendeskripsikan judul lagu tanpa menggunakan sinonim, antonim, atau kata yang berada dalam judul lagu tersebut. Permainan ini dapat dilakukan dengan membacakan lirik lagu tanpa nada, menambahkan keceriaan dan tantangan.

2. Truth or dare online

Permainan truth or dare dapat dilakukan secara online melalui platform seperti Zoom atau Google Meet. Salah satu anggota tim dipilih untuk memilih antara truth or dare. Jika memilih dare, mereka harus melakukan tindakan atau atraksi yang dapat dilihat oleh seluruh tim melalui kamera laptop. Pada contoh ice breaking ini dapat dilakukan dengan nyaman oleh semua orang tanpa memperhatikan perbedaan bahasa atau budaya.

3. Tebak kalimat online

Dalam permainan ice breaking ini, dua orang membentuk pasangan untuk saling bermain. Salah satu orang mengucapkan kalimat melalui suara, sementara orang lainnya harus menebak apa yang telah dikatakan meskipun suaranya dimatikan atau di-mute.

4. Sambung cerita online

Permainan sambung cerita dirancang untuk menguji kreativitas seseorang dalam bercerita. Satu orang pertama mulai bercerita tentang topik apa pun dan berhenti di satu kata terakhir. Orang berikutnya harus melanjutkan cerita dengan memulai dari kata terakhir yang diberikan. Permainan ini berlanjut sampai semua orang dalam tim telah berkontribusi dalam menyambungkan cerita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper