Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Intensifkan Kolaborasi dengan UEA Sasar Halal Lifestyle Global

Pemerintah kerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai negara seperti United Arab Emirates (UAE) agar tercapai target negara Halal Lifestyle Global.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di UMM, Sabtu (13/5/2023). JIBI/Bisnis-Choirul Anam
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di UMM, Sabtu (13/5/2023). JIBI/Bisnis-Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG - Pemerintah kerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai negara seperti United Arab Emirates (UAE) agar tercapai target negara halal lifestyle global.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan UAE merupakan negara modern sebagai pusat jasa keuangan syariah. UAE juga menjangkau pasar halal ke 57 negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

“Dengan begitu, cita-cita Indonesia menjadi negara halal lifestyle global akan semakin mudah terwujud jika berkolaborasi dengan UEA,” katanya pada talkshow yang bertajuk “Restorasi Sumber Daya Manusia Unggul Untuk Kemandirian Ekonomi” di Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (13/5/2023).

Selain itu, sumber daya manusia (SDM) di Indonesia harus terus dilatih dan dikembangkan agar memiliki daya saing.

Indonesia memiliki anak muda dengan segudang talenta yang luar biasa dan harapan besar bangsa ada pada anak muda.

“Saya kira CoE UMM bisa turut serta menjawab ketersediaan SDM ini,” harapnya.

Dia juga mengapresiasi center of excellence (CoE) garapan UMM karena kontribusinya mencetak SDM unggul. Hal itu menunjukkan upaya serius UMM untuk berkontribusi mewujudkan Indonesia emas 2045.

“Program CoE ini adalah terobosan apik dan dijalankan oleh kampus yang bagus pula yakni, UMM,” tambahnya.

Pandemi Covid-19 yang mengguncang perekonomian dunia, katanya, memberikan dampak yang tidak kecil. Beruntung, Indonesia menjadi negara yang masih mampu bertahan.

Bahkan memiliki pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, yakni 5,3 persen, dengan angka inflasi yang relatif rendah yaitu 5,51 persen. Angka ini lebih baik jika dibandingkan negara lain. Hal ini tentu menjadi modal dasar yang kuat bagi perekonomian Indonesia.

Data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada 2019, Indonesia menempati peringkat kelima di dunia terkait produk domestik bruto (PDB). Bahkan pada 2022, Indonesia mencatat rekor baru untuk ekspor dan surplus neraca perdagangan yaitu senilai US$ 54,53 miliar.

“Pada tahun 2045, dunia benar-benar akan berubah. Kekuatan ekonomi dunia secara berurutan akan diambil alih oleh Tiongkok, India, dan Amerika. Pun jika memang sesuai skema, Indonesia akan bergabung menjadi negara super power dan berada di urutan keempat dunia,” tegasnya.

Rektor UMM Fauzan menilai Indonesia harus bisa memanfaatkan bonus demografi dengan baik hingga nanti 2045 datang.

Oleh karena itu, UMM membuat program CoE sebagai jawaban kegelisahan para lulusan perguruan tinggi. Utamanya dalam upaya menjadi pribadi unggul yang mampu bersaing di dunia kerja.

“Ada 54 CoE yang sudah dijalankan UMM. Tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa UMM saja, tapi mahasiswa non-UMM dan luar negeri juga bisa bergabung. Sekalipun mereka berasal dari jurusan yang berbeda dengan CoE terkait. CoE adalah solusi nyata untuk menjawab tantangan masa depan,” ujarnya.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMM Rifqi Al-Akbar mengatakan dunia sedang dihadapkan dengan adanya resesi. Namun, anak muda harusnya tidak menganggapnya sebagai halangan, namun sebagai tantangan baru.

Utamanya dalam melahirkan berbagai terobosan perkembangan ekonomi Indonesia.

“UMM turut berkontribusi nyata untuk membantu anak-anak muda dan mahasiswa. Mulai dari menggagas CoE, membangun halal center untuk memperkuat Halal Style Global yang dicanangkan pemerintah, dan lain sebagainya. Tentu anak muda juga menjadi basis besar dalam mewujudkan Indonesia emas 2045,” katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper