Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hipmi Jaya Gagas Mentorin Bisnis, Rangsang Pengusaha Muda

Indonesia harus memiliki rasio wirausaha minimal sebesar 4 persen dari total populasi penduduk agar bisa menjadi negara maju.
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya dan Inspigo turut mengambil peran dalam mengembangkan potensi para wirausaha muda, lewat inisiasi program edukasi "Mentorin Bisnis"/Istimewa
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya dan Inspigo turut mengambil peran dalam mengembangkan potensi para wirausaha muda, lewat inisiasi program edukasi "Mentorin Bisnis"/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Sebagai negara berkembang dengan populasi terbesar ke-4 di dunia, Indonesia memiliki potensi untuk terus mengembangkan kewirausahaan dalam upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Seperti yang dilansir Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, rasio kewirausahaan Indonesia saat ini sebesar 3,47 persen. Indonesia harus memiliki rasio wirausaha minimal sebesar 4 persen dari total populasi penduduk agar bisa menjadi negara maju.

Di sisi lain, pemerintah mengharapkan 1 juta wirausaha baru lahir pada 2024 sebagai salah satu upaya Indonesia menjadi negara maju. Untuk itu Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya dan Inspigo turut mengambil peran dalam mengembangkan potensi para wirausaha muda, lewat inisiasi program edukasi "Mentorin Bisnis", yang tersedia di Jaya Academy, sebuah platform pendidikan kewirausahaan milik HIPMI Jaya, yang tersedia di platform Inspigo.

Program Mentorin Bisnis didedikasikan bagi para pengusaha muda untuk mengembangkan bisnis mereka, serta terlibat dalam membangun ekonomi negara yang kuat dan berkelanjutan.

Hipmi Jaya dan Inspigo juga berkolaborasi dengan mentor-mentor tokoh bisnis terkemuka seperti Arsjad Rasjid, Direktur Utama Indika Energy dan Ketua Umum Kadin Indonesia Shinta Nurfauzia yang juga Co-Founder & Co-CEO Lemonilo.

Selain itu, terdapat Sona Maesana, Pengusaha dan Ketua Umum Hipmi Jaya, untuk menghadirkan tips dan problem solving dalam berwirausaha. 

Program ini dirancang untuk membangun ekosistem kewirausahaan yang kuat di Indonesia, dengan memberikan peluang bagi individu untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan jaringan yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis yang sukses dan berkelanjutan.

“Program ini kami inisiasi agar para pengusaha muda dapat memiliki akses ke konten tips dan trik yang jarang dibahas diluar sana, langsung dari para senior bisnis di Indonesia mengenai kewirausahaan”, kata Mahanugra Kinzana, Ketua Program Jaya Academy, dikutip pada Rabu (10/5/2023).

Melalui kolaborasi antara HIPMI Jaya dan Inspigo, Mentorin Bisnis akan menggandeng para mentor dan praktisi bisnis berpengalaman yang akan membimbing peserta dalam menghadapi tantangan dalam bisnis.

Selain itu, program ini juga akan membangun jaringan dan kemitraan dengan industri, pemerintah, dan lembaga pendidikan untuk memperkuat dukungan terhadap wirausaha dan pengusaha.

Lebih jauh, program inisiasi ini menyediakan program pendampingan dengan tokoh yang komprehensif, mencakup aspek-aspek penting dalam mengembangkan dan mengelola bisnis yang sukses.

"Sebagai seorang pengusaha, tentunya kita perlu ekosistem yang mendukung dan sosok yang dapat menjadi mentor tempat kita bertanya dan belajar dalam mengembangkan bisnis," kata Tyo Guritno, Co Founder dan CEO Inspigo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper