Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang! AS Beri Bantuan Paket Militer untuk Ukraina Senilai US$1,2 Miliar, Berikut Rinciannya

AS memberi paket bantuan keamanan baru senilai US$1,2 miliar untuk Ukraina untuk berperang menghadapi pasukan Rusia.
Sebuah kendaraan militer lapis baja melaju melalui Chasiv Yar selama pertempuran sengit di garis depan Bakhmut dan Chasiv Yar, Ukraina, 9 April 2023. REUTERS/Kai Pfaffenbach
Sebuah kendaraan militer lapis baja melaju melalui Chasiv Yar selama pertempuran sengit di garis depan Bakhmut dan Chasiv Yar, Ukraina, 9 April 2023. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mengumumkan paket bantuan keamanan baru senilai US$1,2 miliar untuk Ukraina guna meningkatkan pertahanan udara negara itu dan menyediakan amunisi artileri tambahan dalam berperang melawan Rusia.

Ukraina bersiap untuk serangan musim semi yang sangat dinanti-nantikan terhadap pasukan Rusia yang menyerang, tetapi bantuan terbaru tidak akan segera tiba di medan perang karena masih harus diperoleh dari industri pertahanan atau mitra.

Paket tersebut menggarisbawahi komitmen AS yang berkelanjutan untuk Ukraina dengan melakukan kemampuan jangka pendek yang kritis, seperti sistem pertahanan udara dan amunisi, sementara juga membangun kapasitas Angkatan Bersenjata Ukraina untuk mempertahankan wilayahnya dan mencegah agresi Rusia dalam jangka panjang, ujar Departemen Pertahanan AS dalam sebuah pernyataan.

Melansir Channel News Asia, Rabu (10/5/2023), paket bantuan menghadirkan sistem dan amunisi pertahanan udara yang tidak ditentukan serta peralatan untuk mengintegrasikan sistem Barat dengan peralatan yang ada di Ukraina, yang sebagian besar adalah barang antik Soviet.

Pertahanan udara Ukraina telah memainkan peran kunci dalam melawan invasi Rusia, mencegah pasukan Moskow menguasai langit dan membantu melindungi negara dari serangan rudal dan pesawat tak berawak.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada hari Selasa (9/5/2023) berterima kasih kepada Amerika Serikat atas paket bantuan keamanan baru senilai US$1,2 miliar, dan menggambarkannya sebagai "tanda solidaritas" pada hari Eropa merayakan perdamaian dan persatuan di benua itu.

"Kami menghargai tanda solidaritas dengan Ukraina yang ditunjukkan pada hari simbolis bagi kami - Hari Eropa dan Hari Kemenangan atas Nazisme dalam Perang Dunia II. Bersama-sama kita bergerak menuju kemenangan baru!" tulis Zelensky di Twitter.

Antidrone dan Artileri

Dokumen rahasia AS dari akhir Februari yang diduga dibocorkan secara online oleh seorang anggota junior Air National Guard memerinci kekurangan amunisi sistem Soviet, bagian signifikan dari perlindungan jarak menengah dan tinggi Ukraina.

Pendukung internasional Kyiv telah bekerja untuk memperkuat pertahanan yang ada dengan memadukan sistem mutakhir seperti Patriot dan NASAMS, serta peralatan yang lebih tua.

Paket itu juga termasuk amunisi untuk sistem kontra-drone yang dimaksudkan untuk melawan ancaman pesawat tak berawak buatan Iran yang telah digunakan Rusia untuk menyerang di Ukraina, serta peluru 155 mm - jenis amunisi artileri utama untuk pasukan Ukraina.

Ini juga akan menyediakan layanan citra satelit komersial serta dukungan untuk pelatihan dan pemeliharaan.

Bantuan terbaru itu membuat total bantuan militer AS ke Ukraina sejak Rusia menginvasi negara itu pada Februari 2022 menjadi lebih dari US$36 miliar.

Amerika Serikat telah mempelopori dorongan untuk dukungan internasional untuk Ukraina, dengan cepat membentuk koalisi internasional untuk mendukung Kyiv setelah Rusia menginvasi pada Februari 2022 dan mengoordinasikan bantuan dari puluhan negara.

Kyiv telah mendorong beberapa barang yang enggan disediakan oleh pendukung internasionalnya, termasuk sistem pertahanan udara Patriot dan tank berat canggih - yang akhirnya dikirim - dan lainnya seperti pesawat tempur Barat, yang sejauh ini belum dijanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper