Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekam Jejak Prabowo: Eks Prajurit Kopassus, 3 Kali Maju Pilpres

Prabowo memiliki reputasi yang penuh kontroversi selama dirinya berkarier sebagai prajurit TNI.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) berdoa usai menjalankan Shalat Idul Fitri 1444 H di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Sabtu (22/4/2023). Masjid Agung Al-Azhar menggelar Shalat Idul Fitri 1444 H dengan daya tampung hingga 15 ribu jamaah. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) berdoa usai menjalankan Shalat Idul Fitri 1444 H di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Sabtu (22/4/2023). Masjid Agung Al-Azhar menggelar Shalat Idul Fitri 1444 H dengan daya tampung hingga 15 ribu jamaah. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Prabowo Subianto hampir dikenal seluruh masyarakat Indonesia pernah mendengar nama itu. Temuan survei Saiful Mujani Reseach and Consulting (SMRC) pada Maret 2023 saja menyatakan 95 persen publik mengenal Prabowo.

Prabowo adalah politikus Indonesia yang sebelumnya berkarier sebagai prajurit TNI dan pengusaha.

Nama Prabowo mulai banyak dibicarakan masyarakat luas setelah dipilih Megawati Soekarnoputri untuk menjadi pendampingnya pada ajang pemilih presiden (pilpres) 2009.

Namun saat itu, pasangan Megawati-Prabowo (26,79 persen) harus kalah cukup telak dari pesaingnya, pasangan SBY-Boediono (60,8 persen).

Gagal menjadi wakil presiden, Prabowo coba peruntungan jadi presiden. Pada Pilpres 2014, Prabowo maju sebagai capres dengan menggandeng Hatta Rajasa. Pasangan Prabowo-Hatta (46,85 persen) masih harus mengakui kekalahan dari pasangan Jokowi-Jusuf Kalla (53,15 persen).

Impian pria kelahiran 17 Okotber 1951 ini untuk jadi presiden tak pudar. Pada Pilpres 2019, dia kembali maju untuk kembali melawan Jokowi, yang kini menjadi presiden petahana. Sekali lagi, Prabowo masih harus mengubur mimpinya.

Pasangan Jokowi-Maruf Amin (55,5 persen) masih mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga Uno (44,5 persen). Namun, old soldier never die. Lewat rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Gerindra pada medio Agustus 2022, Prabowo menyatakan siap kembali maju pada Pilpres 2024.

"Prajurit tua tidak pernah mati, hanya pelan-pelan menghilang," ujar Prabowo saat itu (13/8/2022).

Saat ini, Prabowo merupakan Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sejak 2008 hingga kini, Prabowo juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra—partai politik peraih suara terbanyak kedua pada Pemilu 2019.

Awal Karier

Sebelum masuk ke dunia perpolitikan, Prabowo sudah terlebih dahulu malang melintang di dunia militer. Masa kecil Prabowo sebenarnya lama di luar negeri. Dia sempat bersekolah di Hongkong, Malaysia, Swiss, hingga Inggris sebelumnya akhirnya memutuskan bergabung ke Akademi TNI (dahulu AKABRI) dan lulus pada 1974.

Putra pertama dari ekonom Sumitro Djojohadikusumo ini kerap menempati posisi penting di TNI, terutama di Kopassus. Notabenenya, Prabowo memang dekat dengan Keluarga Cendana yang saat itu berkuasa. Prabowo merupakan menantu dari Presiden Soeharto.

Selama 28 tahun mengabdi di TNI, dia banyak memimpin operasi militer di Timor Timur dan Papua. Pada 1996, saat menjabat Komandan Jenderal Kopassus, Prabowo memimpin operasi pembebasan sandera di Mapenduma, Papua.

Saat itu, pasukan pimpinan Prabowo berhasil membebaskan 26 orang sandera, yang delapan di antaranya warga negara asing. Meski begitu, ada dua orang sandera yang tewas dalam operasi penyerbuan.

Selain itu, Prabowo juga pernah memimpin batalyon terbaik, yaitu Batalyon Infantri 328, yang sekarang disebut Batalyon Infantri Para Raider 328.

Akhir Karier

Sayannya,, dia mengakhiri karier militernya dengan kepala tertunduk. Prabowo terbukti terlibat dalam kasus penghilangan paksa aktivis 1997-1998. Akibatnya, Dewan Kehormatan Perwira memberhentikan Prabowo dari TNI.

Dia kemudian mulai mengikuti jejak adiknya yang seorang konglomerat, Hasim Djojohadikusumo, di dunia bisnis. Prabowo mempunyai usaha yang bergerak di bidang produksi minyak kelapa sawit hingga pengelolaan kertas.

Dalam jajaran menteri di Kabinet Presiden Jokowi saat ini, Prabowo masuk empat besar pemilik harta kekayaan terbanyak. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2021, Prabowo tercatat memiliki total nilai harta kekayaan Rp2,032 triliun.

Meski sukses di dunia bisnis, Prabowo memutuskan terjun ke dunia politik dengan mendirikan Partai Gerindra pada 2008. Lewat bukunya, Paradoks Indonesia (2015), Prabowo menyatakan keputusannya masuk ke dunia politik berangkat dari kesadaran untuk membangun sistem ekonomi dan politik yang sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa.

Menurutnya, saat ini sistem ekonomi Indonesia sudah menyimpang dari yang diamanatkan UUD 1945 asli, terutama Pasal 33. Menurutnya, Pasal 33 UUD 1945 asli menyatakan ekonomi harus berasaskan kekeluargaan bukan pasar bebas.

Sejalan dengan itu, Prabowo merasa hanya dengan perjuangan politik dirinya dapat mengembalikan haluan ekonomi negara sesuai dengan impian para founding father Indonesia.

“Perjuangan kita untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan bukanlah suatu perjuangan yang mudah. Dalam perjalanan, kita harus melawan neo-kolonialisme, melawan sistim kapitalisme global dan para bonekanya,” ujar Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper