Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Truk Dijarah, PBB Desak Pihak Bertikai di Sudan Jamin Perjalanan Bantuan Kemanusiaan

PBB mendesak faksi-faksi yang bertikai di Sudan untuk menjamin perjalanan bantuan kemanusiaan yang aman setelah enam truk dijarah.
Warga Thailand, yang dievakuasi dari Sudan untuk menghindari konflik, tiba di pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Thailand di Bandara Internasional Don Mueang di Bangkok, Thailand, 27 April 2023. REUTERS/Athit Perawongmetha
Warga Thailand, yang dievakuasi dari Sudan untuk menghindari konflik, tiba di pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Thailand di Bandara Internasional Don Mueang di Bangkok, Thailand, 27 April 2023. REUTERS/Athit Perawongmetha

Bisnis.com, JAKARTA - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak faksi-faksi yang bertikai di Sudan untuk menjamin perjalanan bantuan kemanusiaan yang aman setelah enam truk dijarah dan serangan udara di Ibu Kota merusak gencatan senjata yang seharusnya.

Kepala Bantuan PBB Martin Griffiths mengatakan dia berharap melakukan pertemuan tatap muka dengan pihak-pihak yang bertikai di Sudan dalam dua hingga tiga hari untuk mendapatkan jaminan dari mereka agar konvoi bantuan untuk mengirimkan pasokan bantuan berjalan aman.

Pertemuan itu dapat berlangsung di Khartoum atau lokasi lain, kata Griffiths kepada Reuters dalam wawancara telepon dari Jeddah, Arab Saudi, menyusul kunjungan ke Port Sudan yang dimaksudkan untuk merencanakan operasi bantuan skala besar.

"Penting bagi saya bahwa kita bertemu secara fisik, tatap muka untuk membahas ini, karena kita membutuhkannya untuk menjadi momen publik yang dapat dipertanggungjawabkan," katanya, Rabu (3/5/2023).

PBB telah memperingatkan bahwa pertempuran antara tentara dan Pasukan Pendukung Cepat (RSF) paramiliter, yang meletus pada 15 April, berisiko menyebabkan bencana kemanusiaan yang dapat meluas ke negara lain.

Sudan mengatakan pada Selasa (3/5/2023) bahwa 550 orang tewas, dengan 4.926 lainnya luka-luka, sejauh ini dalam konflik tersebut.

Serangan udara terdengar di Khartoum dan kota-kota tetangga Omdurman dan Bahri pada Rabu (4/5/2023), bahkan ketika kedua belah pihak telah sepakat untuk memperpanjang serangkaian gencatan senjata yang goyah dan rusak selama tujuh hari lagi sejak Kamis.

Di Khartoum, jutaan orang masih berusaha berlindung dari perang terbuka antara tentara yang menggunakan serangan udara dan artileri berat dan pasukan RSF yang ditempatkan di lingkungan perumahan.

Sebagian besar rumah sakit tidak berfungsi dan banyak daerah tidak memiliki listrik dan air karena persediaan makanan dan bahan bakar berkurang.

Dengan mediator internasional mendesak untuk pembicaraan damai, tentara Sudan mengatakan akan mengirim utusan untuk pembicaraan dengan pemimpin Sudan Selatan, Kenya dan Djibouti.

Bantuan telah ditahan di negara berpenduduk 46 juta orang, sekitar sepertiganya telah bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Berbicara sebelumnya, Griffiths mengatakan dia telah diberitahu oleh Program Pangan Dunia PBB bahwa enam truk mereka yang melakukan perjalanan ke wilayah barat Darfur telah dijarah dalam perjalanan, meskipun ada jaminan keselamatan dan keamanan.

Griffiths, dalam wawancara Reuters, mengatakan dia berbicara melalui telepon dengan pemimpin militer Abdel Fattah al-Burhan dan komandan RSF Mohamed Hamdan Dagalo, umumnya dikenal sebagai Hemedti, pada Rabu (4/5/2023) untuk memberi tahu mereka bahwa koridor bantuan khusus dan operasi pengangkutan udara diperlukan.

"Kami sangat jelas sekarang dalam persyaratan operasional kami seperti apa yang kami butuhkan dalam hal komitmen dari mereka," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Pernyataan Sekjen PBB
Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper