Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konflik Sudan: Pertempuran Angkatan Bersenjata Vs RSF Berkobar, meski Gencatan Senjata

Pertempuran antara Angkatan Bersenjata Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat  berkobar lagi di Sudan meskipun ada deklarasi gencatan senjata.
Asap membumbung di Omdurman, dekat Jembatan Halfaya, selama bentrokan antara Pasukan Dukungan Cepat Paramiliter dan tentara, Sudan 15 April 2023./Reuters
Asap membumbung di Omdurman, dekat Jembatan Halfaya, selama bentrokan antara Pasukan Dukungan Cepat Paramiliter dan tentara, Sudan 15 April 2023./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pertempuran antara Angkatan Bersenjata Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat  berkobar lagi di Sudan pada Selasa (254/2023) malam meskipun ada deklarasi gencatan senjata oleh faksi-faksi yang bertikai.

Melansir Reuters, Jumat (28/4/2023), menurut seorang utusan PBB, gencatan senjata sebagian tetap berlaku meskipun tidak ada tanda bahwa kedua belah pihak siap untuk pembicaraan serius.

Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan Pasukan Dukungan Cepat paramiliter (RSF) menyetujui gencatan senjata 72 jam yang dimulai pada hari Selasa (25/4/2023) setelah negosiasi yang dimediasi oleh Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi.

Namun tembakan dan ledakan terdengar setelah malam tiba di Omdurman, salah satu kota kembar Khartoum di Sungai Nil di mana tentara menggunakan drone untuk menargetkan posisi RSF, kata seorang wartawan Reuters.

Tentara juga menggunakan drone untuk mencoba mengusir pejuang dari kilang bahan bakar di Bahri, kota ketiga di pertemuan Sungai Nil Biru dan Nil Putih.

Utusan khusus PBB untuk Sudan Volker Perthes mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Selasa (25/4/2023) bahwa gencatan senjata "tampaknya bertahan di beberapa bagian sejauh ini."

Namun, tidak ada pihak yang menunjukkan kesiapan untuk "bernegosiasi secara serius. Kedua pihak berpikir mengamankan kemenangan militer atas pihak lain."

"Ini salah perhitungan," kata Perthes, seraya menambahkan bahwa bandara Khartoum beroperasi tetapi landasannya rusak.

Sejak Sudan meletus dalam peperangan antara tentara dan RSF pada tanggal 15 April, yang menggagalkan transisi ke demokrasi sipil, paramiliter telah menempatkan diri mereka di distrik pemukiman dan tentara berusaha untuk menargetkan mereka dari udara.

Pertempuran telah mengubah daerah pemukiman menjadi medan perang.

Serangan udara dan artileri telah menewaskan sedikitnya 459 orang, melukai lebih dari 4.000 orang, menghancurkan rumah sakit dan membatasi distribusi makanan di negara yang sepertiga dari 46 juta penduduknya bergantung pada bantuan makanan.

Sementara, proyektil menghantam pusat medis Al-Roumi di Omdurman pada hari Selasa (25/4/2023) dan meledak di dalam fasilitas tersebut, melukai 13 orang, kata seorang pejabat rumah sakit.

Tahanan Dilepaskan

Sebagai tanda lebih lanjut dari memburuknya keamanan, mantan Menteri Sudan Ahmed Haroun, yang dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas tuduhan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Darfur, mengatakan dia dan pejabat lainnya diizinkan meninggalkan penjara Kober.

Menyusul laporan pembobolan penjara dalam beberapa hari terakhir, Haroun mengatakan bahwa kondisi di Kober semakin memburuk. Seorang pengunjuk rasa yang dipenjara di sana mengatakan dalam pernyataan yang direkam yang diposting online pada hari Minggu (23/4/2023) bahwa para tahanan telah dibebaskan setelah seminggu tanpa air atau makanan.

Haroun dan pejabat lain yang dibebaskan bertugas di bawah mantan Presiden Omar al-Bashir yang berkuasa dalam kudeta militer 1989 dan digulingkan dalam pemberontakan rakyat pada 2019.

ICC di Den Haag menuduh Haroun mengorganisir milisi untuk menyerang warga sipil di sebuah genosida di Darfur pada tahun 2003 dan 2004. Keberadaan Bashir tidak segera jelas.

Secara terpisah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan salah satu pihak yang bertikai mengambil alih fasilitas kesehatan nasional di Khartoum dan menyatakan keprihatinan tentang potensi bahaya biologis dari patogen campak dan kolera untuk vaksinasi yang disimpan di sana.

Eksodus kedutaan dan pekerja bantuan dari negara terbesar ketiga Afrika itu telah menimbulkan kekhawatiran bahwa warga sipil yang tersisa akan berada dalam bahaya yang lebih besar jika kesepakatan gencatan senjata tiga hari yang goyah, yang berakhir pada Kamis, tidak berlaku.

Tim keamanan nasional Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terus berbicara dengan para pemimpin militer saingan Sudan untuk mengakhiri pertempuran dan memberikan bantuan kemanusiaan, kata juru bicara Gedung Putih pada hari Selasa.

Pertempuran telah melumpuhkan rumah sakit dan layanan penting lainnya, dan membuat banyak orang terdampar di rumah mereka dengan persediaan makanan dan air yang semakin menipis.

Mayat berserakan di jalan-jalan, kelompok bantuan internasional Medecins sans Frontieres (MSF) mengatakan tidak bisa mendapatkan pasokan atau personel baru ke Sudan.

Kantor kemanusiaan PBB (OCHA) mengatakan kekurangan makanan, air, obat-obatan dan bahan bakar menjadi "sangat akut", harga melonjak dan telah mengurangi operasi karena alasan keamanan.

Badan pengungsi PBB memperkirakan bahwa ratusan ribu orang akan melarikan diri ke negara tetangga.

Evakuasi

Saat pemerintah asing mengevakuasi warga negaranya, warga Sudan yang tidak punya tempat tujuan mengatakan bahwa mereka merasa ditinggalkan.

"Mengapa dunia meninggalkan kita pada saat perang?" kata Sumaya Yassin, 27, menuduh kekuatan asing egois.

Sejak pertempuran meletus, puluhan ribu orang telah meninggalkan Sudan ke negara tetangga Chad, Mesir, Ethiopia, dan Sudan Selatan.

Dengan warga sipil meninggalkan Khartoum dengan mobil dan bus, jalan-jalan di salah satu wilayah metropolitan terbesar di Afrika sebagian besar dikosongkan dari kehidupan sehari-hari. Mereka yang masih di kota berkerumun di rumah sementara para pejuang berkeliaran di luar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper