Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Kota dengan Miliarder Terbanyak di Dunia, Ada yang Dari Indonesia?

Dari kota New York hingga kota India, berikut kota yang menjadi rumah bagi miliarder dunia. Indonesia nomor berapa?
Elon Musk/Bloomberg
Elon Musk/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Data terbaru dari Forbes mengungkapkan seperempat dari seluruh miliarder dunia tinggal di 11 kota kosmopolitan di seluruh dunia. Sayangnya, tidak ada kota di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

Kekayaan gabungan para miliarder ini mencapai lebih dari US$2,8 triliun atau setara dengan Rp41.787 triliun

Kota New York kembali meraih posisi pertama sebagai kota paling populer bagi para miliarder, dengan 101 miliarder memilihnya sebagai tempat tinggal utama mereka. Secara kolektif, miliarder Kota New York bernilai $616,8 miliar. 

Selain itu, Moskow bangkit kembali dan menjadi rumah bagi 61 miliarder penduduk, naik dari 53 tahun sebelumnya. Sedangkan salah satu kota di India, Delhi berhasil masuk dalam 10 besar, dengan menempati posisi ke-10. 

Data ini memberikan gambaran tentang sebaran kekayaan global dan bagaimana kota-kota tertentu menjadi pusat perumahan para miliarder.

Kota dengan Miliarder Terbanyak di Dunia:

1. Kota New York, 101 miliarder

Total kekayaan bersih: US$616,8 miliar atau setara dengan Rp9.217 triliun

Penduduk terkaya: Michael Bloomberg ($94,5 miliar atau setara dengan Rp1.412 triliun

New York masih menjadi ibu kota miliarder dengan jumlah kekayaan lebih dari US$208 miliar lebih atau setara dengan Rp3.108 triliun.

Hampir seperempat kekayaan kota terkonsentrasi di antara warga terkaya yang berkuasa, seperti Michael Bloomberg, Julia Koch, Alex Attalah hingga Devin Finzer, salah satu pendiri pasar NFT OpenSea .

2. Hongkong, 70 miliarder

Total kekayaan bersih: US$286,8 miliar atau setara dengan Rp4.286 triliun

Penduduk terkaya: Lee Shau Kee ($29,5 miliar atau setara dengan Rp440,8 triliun.

Hong Kong pindah ke posisi nomor dua tahun ini. Kembalinya dua taipan ini dengan segera memanfaatkan pelonggaran pembatasan pascacovid-19, salah satu miliarder terkemuka adalah Zhao Tongtong, seorang pendiri operator jaringan hotel H World Group, dan Lawrence Ho yang mengendalikan operator kasino Melco Resorts yang terdaftar di Hong Kong.

3. Beijing, 68 miliarder

Total kekayaan bersih: US$247,2 miliar atau setara dengan Rp3.694 triliun

Penduduk terkaya: Zhang Yiming US$45 miliar atau setara dengan Rp672,4 triliun

Ibukota China terus kehilangan miliarder, jika 2021 China turun menjadi nomor dua, selang satu tahun kini China berada di posisi ketiga. Di antara mereka yang tidak lagi memiliki kekayaan miliaran dolar: penduduk Beijing Zhao Weiguo akibat dugaan korupsi.

Restrukturisasi kebangkrutan membuat Zhao, yang dilaporkan telah "menghilang" dari pandangan publik tahun lalu, tanpa kepemilikan di perusahaan Tsinghua Unigroup.

Namun, salah satu miliarder yang mengalami lonjakan kekayaan adalah pendiri TikTok Zhang Yimin.

4. Shanghai, 65 miliarder 

Total kekayaan bersih: US$181,9 miliar atau setara dengan Rp2.718 triliun

Penduduk terkaya: Colin Zheng Huang US$30,2 miliar atau setara dengan Rp451,3 triliun

Salah satu kota di China yang mendapatkan peringkat sepuluh angka tahun ini, yaitu Shanghai. Sejumlah nama miliarder yang ada, seperti Tang Rui, pendiri startup swakemudi ZongMu Technology; Chen Yin, ketua perusahaan perkakas DIY Greenworks ; dan Lyu Yixiong, CEO Shanghai Chicmax Cosmetic. 

5. London, 63 miliarder

Total kekayaan bersih: US$294,9 miliar atau sekitar Rp4.407 triliun

Penduduk terkaya: Len Blavatnik US$32,1 miliar atau sekitar Rp479,7 triliun

London menjadi rumah bagi sejumlah miliarder dunia, seperti Charles Dunstone, pendiri perusahaan telekomunikasi Carphone Warehouse, dan Denis Sverdlov, pendiri dan CEO Rusia dari startup kendaraan listrik Arrival. 

Alexander Gerko sukses menjadi satupsatunya miliarder yang merupakan penduduk asli Rusia dengan mendirikan perusahaan perdagangan algoritmik XTX Markets dan mendapat keuntungan dari dividen yang besar pada tahun 2022.

6. Moskow, 61 miliarder

Total kekayaan bersih: US$307,1 miliar atau Rp4.589 triliun

Penduduk terkaya: Vladimir Potanin US$23,7 miliar atau Rp354,1 triliun

Perang di Ukraina mungkin jauh dari selesai dan sanksi Barat terhadap banyak orang terkaya Rusia tetap berlaku, tetapi Moskow telah meningkat dari peringkat tujuh jadi peringkat enam. 

61 miliardernya memiliki kekayaan gabungan US$307 miliar atau setara dengan RpRp4.587 triliun, lebih banyak US$92 miliar atau setara dengan Rp1.374 dari 2022.

7. Mumbai, 56 miliarder

Total kekayaan bersih: US$276,4 miliar atau setara dengan Rp4.130 triliun

Penduduk terkaya: Mukesh Ambani US$83,4 miliar yang sekitar Rp1.246 triliun

Mumbai telah naik satu peringkat menjadi kota dengan jumlah miliarder terbesar ke-7. Mukesh Ambani terus menjadi penduduk terkaya, dengan kekayaannya mencapai 30 persen dari total kekayaan kota. 

Dua dari enam tambahan baru di Mumbai adalah tokoh mal Atul Ruia dan Abhay Soi ketua Max Healthcare Institute, rumah sakit terdaftar terbesar kedua di India berdasarkan pendapatan.

8. Shenzhen, 54 miliarder

Total kekayaan bersih: US$246 miliar atau Rp3.675 triliun

Penduduk terkaya: Ma Huateng US$35,3 miliar atau sekitar Rp527,4 triliun

Turun dari posisi ke-6, Shenzhen mengalami kerugian bersih lima miliarder, termasuk taipan properti Huang Shih Tsai dan Ren Zhengfei yang memimpin perusahaan perangkat keras telekomunikasi Huawei Technologies Orang terkaya di kota ini masih Ma Huateng, CEO raksasa internet Tencent.

9. Singapura, 46 miliarder

Total kekayaan bersih: US$133,3 miliar atau setara dengan Rp1.991 triliun

Penduduk terkaya: Goh Cheng Liang US$14,3 miliar atau Rp213,6 triliun

Singapura bergabung dengan peringkat teratas tahun ini setelah menyambut empat miliarder baru. Cho Cheng Liang , pemilik produsen cat terbesar keempat di dunia, berada di puncak orang terkaya Singapura dengan perkiraan kekayaan bersih US$14,3 miliar atau setara dengan Rp213,6 triliun. 

10. Delhi, 37 miliarder 

Total kekayaan bersih: US$116,4 miliar atau sekitar Rp1.739 triliun

Penduduk terkaya: Shiv Nadar US$25,6 miliar atau Rp397,4 triliun

Beberapa nama miliarder kota ini adalah Manohar Lal Agarwal, yang menjalankan Haldiram Snacks yang berbasis di Delhi , serta Saroj Rani Gupta yang ikut mendirikan tabung APL Apollo di 1986 dengan mendiang suaminya. 

Adapun, warga terkaya di Delhi adalah Shiv Nadar, pendiri penyedia layanan perangkat lunak terbesar di India, HCL Technologies.

10. San Fransisco, 37 miliarder

Total kekayaan bersih: US$114,2 miliar atau sekitar Rp1.705 triliun

Penduduk terkaya: Brian Chesky US$9,3 miliar yang sekitar Rp138,9 triliun.

Dunia teknologi terguncang dan retakan di hubnya mulai terlihat. Sebagai rumah bagi Silicon Valley dan lanskap teknologi yang sangat kaya, San Francisco kehilangan bersih tujuh miliarder tahun ini. 

Pendiri Doordash Stanley Tang dan Tony keluar dari peringkat miliarder dunia karena saham aplikasi pengiriman makanan turun 36 persen selama setahun terakhir. Satu-satunya miliarder yang menjadi pendatang baru  adalah Sid Sijbrandij , pendiri GitLab. Penduduk terkaya masih menjadi salah satu pendiri Airbnb, Brian Chesky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper