Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buka Jateng Halal Fair 2023, Wapres: Literasi Ekonomi Syariah Harus Digenjot

Wapres menilai peningkatan literasi ekonomi keuangan syariah di Indonesia masih perlu digenjot agar lebih optimal.
Buka Jateng Halal Fair 2023, Wapres: Literasi Ekonomi Syariah Harus Digenjot. Wapres Maruf Amin / Setwapres
Buka Jateng Halal Fair 2023, Wapres: Literasi Ekonomi Syariah Harus Digenjot. Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, SEMARANG — Wakil Presiden (Wapres) RI melihat masih diperlukan kerja keras untuk meningkatkan literasi keuangan ekonomi syariah masyarakat, baik melalui edukasi akademik, sosialisasi, dan kolaborasi multipihak dibarengi dengan pemanfaatan teknologi digital. 

Alasannya adalah berdasarkan survei Bank Indonesia pada 2022, indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah nasional baru mencapai 23,3 persen. 

Oleh sebab itu, Wapres menilai kegiatan Jateng Halal Fair (JHF) 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), diharapkan mampu lebih meliterasi dan menggelorakan semangat masyarakat dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat global.

“Melalui acara ini kiranya tingkat literasi masyarakat terhadap ekonomi dan keuangan syariah bertumbuh lebih baik lagi, sekaligus mampu mendorong bangkitnya pelaku usaha ekonomi dan keuangan syariah,” ujarnya ketika membuka Jateng Halal Fair (JHF) 2023, di Alun-alun Masjid Kauman Semarang, Jateng, Senin (3/4/2023).

Lebih lanjut, Wapres ke-13 RI ini meminta, potensi dan perkembangan ini perlu terus dikomunikasikan sehingga menjadikan ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif menjadi bagian dari kegiatan kesehariannya.

“Saya harap kegiatan Jateng Halal Fair dapat berkelanjutan dan menjadi bagian penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal Dunia pada tahun 2024,” pesannya. 

Wapres memuji antusiasme masyarakat yang turut menggaungkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jateng, khususnya di bulan Ramadan ini.

“Saya bersyukur dan merasa bangga, karena masyarakat Jawa Tengah memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi untuk menyemarakkan Ramadan dan menggelorakan semangat ekonomi dan keuangan syariah untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia,” pungkas Ma’ruf.

Sebelumnya, selaku Ketua Penyelenggara,Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen melaporkan, JHF 2023 ini merupakan bagian dari Nasional Halal Fair 2023 yang diinisiasi oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). 

Dia menilai, pameran produk halal ini dapat menjadi sarana yang sangat baik untuk memperkenalkan produk-produk halal terbaik dari berbagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Jateng. 

“Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajak kita semua untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kehalalan dalam memilih produk dan jasa yang dikonsumsi, serta untuk mengedukasi masyarakat tentang standar halal yang berlaku,” ungkapnya.

Taj Yasin juga menyebutkan, tercatat sebanyak 40 stan pameran dari berbagai UMKM produk halal/berbasis syariah dan beberapa perusahaan seperti Bank Jateng Syariah, Bank Syariah Indonesia, dan Pegadaian Syariah, mengikuti event JHF 2023 ini.

Beberapa lembaga lainnya seperti Bank Indonesia, BAZNAS, Bulog, Dishanpan Provinsi Jawa Tengah, PT Jateng Agro Berdikari, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Forum Organisasi Zakat dan RSI Sultan Agung.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Talkshow Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah, konsultasi, dan hiburan bagi masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengembangan ekonomi syariah dan halal di Jateng.

“Kami berharap acara ini dapat memberikan manfaat besar bagi seluruh peserta dan pengunjung, dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam industri halal. Semoga acara ini juga dapat menjadi langkah awal bagi kolaborasi yang lebih erat antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat dalam memajukan industri halal di Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper