Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maruf Amin Tegaskan Indonesia Siap Jadi Mitra Utama Bisnis Halal di Kyoto

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menegaskan komitmen mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia dengan kesiapan Tanah Air.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menegaskan komitmen mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia dengan kesiapan Tanah Air untuk memperluas kerjasama di sektor ekonomi syariah, khususnya pengembangan industri halal dengan pelaku usaha di Kyoto.  

Apalagi, dia menilai Indonesia-Jepang memiliki kedekatan yang tercermin dari kerja sama aktif Provinsi Yogyakarta dan Prefektur Kyoto sejak 1985, salah satunya penguatan ekonomi.

Hal ini disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Kyoto Takatoshi Nishiwaki, di Kyoto Guest House, Rabu (8/3/2023).

“Indonesia juga siap menjadi mitra utama pengembangan bisnis halal di Kyoto,” tegasnya, Rabu (8/3/2023).

Terlebih, kata Ma’ruf, Jepang akan menyelenggarakan Expo 2025 yang akan diselenggarakan di Kansai, dimana Prefektur Kyoto termasuk dalam wilayah Kansai.

“Apalagi kyoto menjadi tempat yang akan dikunjungi dari berbagai negara,” ujarnya.

Wapres RI asal Tangerang ini menekankan, pengembangan bisnis halal di Kyoto, dapat dilakukan melalui kerja sama sertifikasi halal bagi produk-produk Jepang, terutama untuk makanan, minuman, dan obat-obatan.

“Saya juga berharap pelaku bisnis makanan olahan dari Kyoto juga dapat berbisnis di Indonesia,” harap Wapres.

Lebih jauh, Wapres RI Ke-13 ini mengungkapkan bahwa pengembangan bisnis halal di Jepang telah mendapatkan lampu hijau dari Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida. Hal tersebut disampaikan PM Kishida ketika Wapres  datang ke Jepang untuk menghadiri pemakaman PM Shinzo Abe tahun lalu.

“Waktu saya bertemu PM Kishida, saya menyampaikan, selain masalah perdagangan dan kebudayan, saya juga sampaikan isu ekonomi dan syariah termasuk industri halal. Beliau menyambut baik bahkan memerintahkan menteri terkait untuk menandaklanjuti,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Gubernur Nishiwaki menyampaikan menyambut baik pengembangan bisnis halal yang ditawarkan Wapres RI tersebut.

“Terkait apa yang Bapak tawarkan, saya harapkan bisa membantu pengembangan industri halal di Kyoto,” ujarnya.

Sementara terkait produk-produk yang bersertifikat halal di Kyoto, Nishiwaki mengungkapkan bahwa jumlahnya sudah mulai bertambah banyak.

“Jadi kami perlu laporkan, makanan dan minuman halal yang sudah bersertifikat, sudah banyak,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper