Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Kebut Pembangunan Rumah Menteri di IKN

Presiden Jokowi mengebut pembangunan rumah menteri di kompleks Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Presiden Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan IKN, di Kab. Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (25/10/2022) - Dok. Setkab.
Presiden Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan IKN, di Kab. Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (25/10/2022) - Dok. Setkab.

Bisnis.com, SEPAKU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengebut pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satunya pengerjaan lokasi calon rumah menteri.

Hal ini disampaikannya usai meninjau langsung progres pembangunan rumah menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

“Yang kita lihat sekarang ini adalah kawasan rumah-rumah menteri. Ada 36 di sini nanti bangunan yang kita harapkan Juni 2024 selesai karena memang kita ada target 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di Ibu Kota Nusantara,” ujarnya, Kamis (23/2/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan bahwa progres pembangunan rumah Menteri saat ini telah mencapai 14 persen. Dia berharap seluruh pihak tak perlu meragukan lagi tentang IKN Nusantara, sebab pembangunan di lapangan sudah dimulai.

"Jadi kalau ada yang masih ragu-ragu ya lapangannya sudah bergerak seperti ini. Karena ini memang bukan proyek 2 tahun atau 5 tahun, ini bisa 10 atau 15 tahun, sama seperti di negara yang lain, yang pindah juga memulai dan selesainya itu kira-kira kurun waktu seperti tadi disampaikan," imbuhnya.

Dia juga memerinci bahwa untuk tenaga kerja yang dipekerjakan dalam pembangunan IKN sampai hari ini Kamis (23/2/2023) telah mencapai 7.800 pekerja dari target 16.000 orang.

“Dan dari lokalnya 34 persen. Tentu saja akan bertambah terus. Sekarang memang baru 7.800 pekerja. Ya, ini harian bertahap terus, harian tambah, karena pembangunan ini sudah dimulai,” katanya.

Kepala Negara pun memastikan bahwa sejauh ini tak ada permasalahan yang berarti terkait dengan pembangunan IKN.

“Tak ada masalah. Bismillah ini sudah dimulai. Sekali lagi kita harapkan Juni selesai. Saya hanya ingin menyampaikan sebuah optimisme bahwa Ibu Kota Nusantara ini dimulai pembangunannya, baik infrastruktur maupun nanti kantor dan ini rumah menterinya,” pungkas Jokowi.

Senada, Menteri Investasi Indonesia dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia pun mengatakan bahwa setiap menteri di Kabinet Indonesia Maju milik Jokowi—Ma’ruf telah mengetahui bahwa upacara peringatan 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan di IKN.

“InshaAllah 2024, pada 17 Agustus kita sudah upacara di sini semua. Saat ini pembangunan [di IKN] ini udah banyak ini. tanya menteri PUPR progresnya. Namun, dibandingkan kami kemah pada satu tahun lalu dengan Bapak Presiden, ini tempat kami kemah dan berubah sekali. Jauh sekali berubahnya dan ini mempercepat investasi juga,” tandas Bahlil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper