Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPP Bingung Disindir PKB: Kami Tak Pernah Mengusik Partai Lain

PPP tak pernah menyindir PKB meski suaranya sempat turun drastis di Pemilihan Umum atau Pemilu 2009.
PPP, Partai Persatuan Pembangunan
PPP, Partai Persatuan Pembangunan

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membalas sindiran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awi menyebutkan PKB sebagai adik yang sama-sama lahir dari Nahdatul Ulama (NU).

Sebelumnya, PKB mengatakan tak ingin seperti PPP karena meraih kursi terendah di DPR RI.

Awi pun bingung dengan sindiran pihak PKB itu. Padahal, lanjutnya, PPP tak pernah menyindir PKB meski suaranya sempat turun drastis di Pemilu 2009.

"Apa urusannya membanding-bandingkan sesama partai ijo? Saat kursi PKB jeblok di pemilu 2009 dengan 28 kursi, PPP tak pernah mengusik dan meremehkan karena kami memahami situasi politik waktu itu.," jelas Awi saat dikonfirmasi, Selasa (21/2/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan PPP waktu itu bersimpati dengan PKB. Bagaimanapun, lanjutnya, PKB merupakan adik dari PPP yang sama-sama lahir dari kalangan NU.

"Kami bersimpati secara politik dengan tidak meremehkan adik kami itu yang sama-sama lahir dari NU," ucap wakil ketua Badan Legislatif DPR itu.

Awi pun menegaskan mesti kursi PKB lebih banyak dari PPP, namun kedua memiliki posisi yang setara di DPR.

Memang, secara historis, PPP merupakan partai yang jauh lebih tua dari PKB. Saat ini, PPP sudah berusia 50 tahun sedangkan PKB 'baru' 24 tahun.

Kedua partai politik itu juga sering menyatakan diri sebagai partai masyarakat NU. Keduanga juga saling berebut suara dari kalangan NU.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid merupakan pihak yang pertama kali melempar sindiran. Dia mengatakan PKB tak ingin jadi partai dengan peraih kursi terendah di Pemilu 2024, seperti PPP saat ini.

Pernyataan itu disampaikan Jazilul saat membuka acara Uji Kelayakan dan Kepatutan Bakal Calon Anggota Legislatif DPR RI 2024 di Kantor DPP PKB pada Selasa (21/2/2023).

"Jangan sampai kayak, mohon maaf, partai ijo yang lain, yang cuma 19 kursi, satu fraksi satu orang," ujar Jazilul.

Sebagai informasi, partai dengan warna khas hijau selain PKB yaitu PPP. Dalam Pemilu 2019, PPP hanya meraih 19 kursi di DPR RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper