Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BNPB Salurkan Bantuan Rp250 Juta untuk Penanganan Erupsi Semeru

BNPB menyalurkan bantuan dana siap pakai (DSP) senilai Rp250 juta untuk penanganan APG Gunung Semeru yang telah berlangsung sejak Minggu (4/12/2022). 
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  10:32 WIB
BNPB Salurkan Bantuan Rp250 Juta untuk Penanganan Erupsi Semeru
BNPB Salurkan Bantuan Rp250 Juta untuk Penanganan Erupsi Semeru. Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru terpantau dari CCTV Pos Pantau PVBMG pukul 06.30 WIB, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12). - Dok.PVMBG
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan dana siap pakai (DSP) senilai Rp250 juta untuk penanganan awan panas guguran (APG) Gunung Semeru yang telah berlangsung sejak Minggu (4/12/2022). 
 
Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi menjelaskan, bantuan yang diserahkan pada Rabu (7/12/2022) tersebut akan digunakan untuk operasional posko penanganan darurat APG Gunung Semeru. Prasinta berharap, bantuan tersebut dapat menjadi dorongan bagi masyarakat Lumajang untuk kembali bangkit dan siaga usai terjadinya erupsi Semeru. 
 
"Bantuan ini untuk operasional di posko tanggap darurat, harapannya Lumajang ini segera bangkit dan akan lebih siap dan siaga lagi ke depannya untuk menghadapi bencana," terang Prasinta dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (8/12/2022). 
 
Selain bantuan untuk operasional posko penanganan darurat APG, BNPB turut menyalurkan bantuan sebesar Rp100 juta yang diperuntukkan bagi penanganan ratusan pengungsi yang terdampak APG Semeru. 
 
Hingga kini, setidaknya 560 jiwa masih memilih untuk menetap di sejumlah titik pengungsian yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat. 
 
Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Badan Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Semeru ke level IV atau status awas terhitung sejak Minggu (4/12/2022). Perubahan status tersebut dilakukan setelah PVMBG mencatat adanya peningkatan aktivitas vulkanik Semeru yang ditandai dengan luncuran APG. 
 
PVMBG mengungkapkan bahwa Gunung Semeru hingga saat ini masih menunjukkan aktivitas kegempaan yang tinggi dan masih berstatus awas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb Gunung Semeru erupsi
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top