Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Satgas Pangan Polri Awasi Bahan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

Satgas Pangan telah menyiapkan sejumlah langkah-langkah untuk mencegah melonjaknya harga bahan pangan. Menjalang libur Natal dan Tahun Baru.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  13:29 WIB
Satgas Pangan Polri Awasi Bahan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru
Pedagang merapikan telur di Pasar Senen, Jakarta, Senin (29/4/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas atau Satgas Pangan Polri memastikan akan terus memantau distribusi bahan pangan menjelang hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Kasatgas Pangan Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan mengatakan bahwa kecukupan bahan pangan menjelang akhir tahun ini perlu terus dipantau untuk mengantisipasi melonjaknya harga pangan.

“Satgas Pangan Polri dalam memastikan ketersediaan pangan dan harga terkendali,” ujar Whisnu dalam keteranganya, Senin (5/12/2022).

Whisnu menjelaskan bahwa melonjaknya harga bahan pangan menjelang hari besar memang hal yang lumrah terjadi karena banyaknya permintaan dari masyarakat. Namun pasokan yang ada tak mencukupi.

"Sebagaimana hukum ekonomi, meningkatnya permintaan akan berdampak naiknya harga barang, sehingga kenaikan tersebut hanya bersifat sementara," paparnya.

Dengan adanya hal tersebut, pihak dari Satgas Pangan telah menyiapkan sejumlah langkah-langkah untuk mencegah melonjaknya harga bahan pangan. Langkah yang diambil dengan cara mengawasi distribusi bahan pangan di pasar-pasar.

"Kemudian, mendorong kementerian lembaga terkait untuk menyiapkan jalur alternatif distribusi pangan bilamana ada hambatan," ucap Whisnu

Terakhir, Whisnu mengatakan bahwa pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan bahan pangan jelang akhir tahun 2022

Sebab, penimbunan ini dapat menjadi penyebab terhambatnya distribusi bahan pangan dan membuat harga bahan pangan menjadi melonjak dipasaran.

"Yang terpenting pasokan pangan aman sehingga HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional) dan Tahun Baru 2023 dapat berjalan dengan lancar," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Satgas Pangan Natal dan Tahun Baru
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top