Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rudal Rusia Hantam Polandia, Joe Biden hingga Rishi Sunak Telepon Presiden Polandia

PM Inggris Rishi Sunak dan Presiden AS Joe Biden berbicara dengan presiden Polandia dan kini melakukan koordinasi dengan NATO.
Bendera Polandia./Bloomberg
Bendera Polandia./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Polandia Andrzej Duda atas jatuhnya rudai buatan Rusia di desa Polandia.

Dilansir dari Ajlazeera pada Rabu (16/11/2022), saat berada di Bali untuk menghadiri KTT G20, Rishi Sunak memberikan pernyataan terkait serangan rudal Rusia yang jatuh di wilayah Polandia  Sunak mengatakan dirinya telah berbicara dengan presiden Polandia dan melakukan koordinasi dengan sekutu NATO.

"Saya baru saja berbicara dengan Presiden Polandia @Andrzej Duda menyusul laporan serangan rudal di Polandia," kata Sunak, di Twitter @RishiSunak pada Rabu (16/11/2022).

Ia juga menyatakan solidaritas Inggris terhadap Polandia dan menyampaikan belasungkawa atas korban tewas dari rudal Rusia tersebut.

"Saya menegaskan kembali solidaritas Inggris dengan Polandia dan menyatakan belasungkawa untuk para korban. Kami akan tetap berhubungan dekat dan terus berkoordinasi dengan sekutu NATO kami," lanjut Sunak.

Presiden AS Joe Biden juga telah berbicara melalui telepon dengan Presiden Duda untuk menyampaikan belasungkawa dan keprihatinannya atas insiden ini.

"Saya berbicara dengan Presiden Andrzej Duda dari Polandia untuk menyampaikan belasungkawa saya yang mendalam atas hilangnya nyawa di Polandia Timur dan menawarkan dukungan penuh kami untuk penyelidikan Polandia atas ledakan tersebut. Kami akan tetap berhubungan dekat untuk menentukan langkah selanjutnya yang sesuai saat prosesnya berlangsung," tulis Joe Biden di Twitter.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel juga mengatakan dia menelepon Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dan memastikan persatuan dan solidaritas penuh UE dalam mendukung Polandia.

Sebagian pemimpin negara G20 langsung menggelar pertemuan darurat di sela-sela KTT G20 Bali untuk membahas serangan rudal yang menghantam Polandia ini.

Dilansir dari Aljazeera, Joe Biden mengadakan pertemuan di meja konferensi dengan para pemimpin dari sejumlah negara anggota NATO, termasuk Jerman, Kanada, Italia dan Prancis.

Sejumlah pemimpin turut hadir, termasuk PM Inggris Rishi Sunak, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Komisi Eropa Ersula von der Leyen, dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida juga ambil bagian meskipun Jepang bukan anggota NATO.

Diketahui, Polandia diserang rudal Rusia yang jatuh di desa Polandia Przewodow, di dekat perbatasan Ukraina pada Selasa (15/11/2022) sekitar pukul 15.40 waktu setempat.

Adapun Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly telah mengatakan bahwa Inggris segera melihat dan menyelidiki lebih dalam yang telah terjadi.

Presiden Dewan Eropa, Charles Michel juga di dalam Twitter miliknya menyampaikan dirinya cukup terkejut usai rudal Rusia jatuh di Polandia.

“Terkejut dengan berita rudal atau amunisi lain yang membunuh orang di wilayah Polandia,” tulis Michel, seperti dilansir dari Aljazeera pada Rabu (16/11/2022).

Sementara itu, Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan bahwa hingga kini tidak ada bukti nyata yang menunjukkan pelaku yang menembakkan rudal tersebut.

Namun, ia menyampaikan kemungkinan terbesar rudal itu ialah buatan Rusia, tetapi masih dalam penyelidikan.

“Kami tidak memiliki bukti konklusif saat ini mengenai siapa yang meluncurkan rudal ini. Kemungkinan besar itu adalah rudal buatan Rusia, tapi ini semua masih dalam penyelidikan saat ini,” kata Duda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper