Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Jokowi: Dicatat Ya, G20 Itu Forum Ekonomi Bukan Politik!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa paragraf yang sangat diperdebatkan itu memang hanya satu yaitu tentang perang di Ukraina.
Presiden Jokowi / Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi / Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 merupakan forum yang berfokus untuk membahas isu ekonomi oleh para pemimpin Negara G20.

“Sekali lagi, saya tambahkan bahwa G20 itu adalah forum ekonomi, forum finansial, forum pembangunan, bukan lol forum politik. Jadi, [tolong] jangan ditarik-tarik ke isu politik,” katanya di Media Center Bali International Convention Centre, Rabu (16/11/2022).

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi untuk menjawab pertanyaan mengenai keabsahan G20 Bali Leader Declaration apakah benar-benar telah disepakati oleh seluruh Kepala Negara anggota G20 termasuk Rusia.

Dia mengaku bahwa dalam deklarasi pemimpin G20 terdapat 1 paragraf yang melalui perdebatan alot antara setiap Kepala Negara. Paragraf tersebut berbunyi.

"Tahun ini, kita juga menyaksikan perang di Ukraina berdampak lebih buruk terhadap ekonomi global. Ada diskusi tentang masalah ini. Kami menegaskan kembali posisi nasional kami sebagaimana dinyatakan dalam forum lain, termasuk Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB," demikian tulis Leaders' Declaration 2022 yang diterima Bisnis, Rabu (16/11/2022).

Presiden Jokowi melanjutkan perdebatan untuk mengesahkan paragraf tersebut membutuhkan waktu lama hingga tengah malam sampai pada akhirnya setiap Negara sepakat untuk menuliskan paragraf tersebut.

“Jadi, paragraf yang sangat diperdebatkan itu memang hanya satu, satu paragraf yaitu tentang perang di Ukraina, sampai tengah malam kita berbicara mengenai ini dan akhirnya deklarasi Bali dicapai melalui konsensus,” imbuhnya.

Jokowi menegaskan bahwa pemimpin Negara G20 menyepakati bahwa perang berdampak negatif pada ekonomi global, sehingga diyakini pemulihan ekonomi global tidak akan tercapai tanpa perdamaian,

“Isi di pembukaan saya sampaikan saya menyerukan agar perang dihentikan,” katanya.

Jokowi melanjutkan, selain dekralasi para pemimpin juga telah menyetujui untuk menghasilkan kerja sama konkret di bidang kesehatan melalui dana pandemi (pandemic fund).

“Tadi sudah saya sampaikan hasilnya US$1,5 miliar untuk pandemic fund dan transisi energi serta transformasi digital dan ada perwakilan Rusia yang hadir di KTT G20 saat itu meskipun [alami perdebatan] alot tetapi telah [deklarasi] disahkan,” pungkas Jokowi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper