Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menerka Diplomasi Jokowi dari Posisi Duduk Petinggi di KTT G20 Bali

Berikut pemaparan dari posisi duduk para kepala negara dan petinggi di KTT G20 Bali yang menggambarkan diplomasi Jokowi.
Suasana Candi Ballroom The Apurva Kempinski Bali saat perhelatan KTT G20 Bali hari pertama, Selasa (15/11/2022). Dok. Biro Setpres RI.
Suasana Candi Ballroom The Apurva Kempinski Bali saat perhelatan KTT G20 Bali hari pertama, Selasa (15/11/2022). Dok. Biro Setpres RI.

Bisnis.com, BADUNG — Posisi duduk para pemimpin negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali menarik perhatian, terlebih di tengah dinamika situasi global seperti perang Rusia vs Ukraina.

Selama satu jam Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di depan The Apurva Kempinski Nusa Dua, Bali untuk menyambut datangnya para pemimpin negara. Setelah disambut Jokowi, mereka berjalan mengikuti karpet merah untuk masuk ke ruangan tempat berlangsungnya KTT G20.

Di ruangan itu terdapat jejeran meja berbentuk persegi dengan kursi-kursi di belakangnya. Para pemimpin negara duduk di kursi sesuai dengan tanda di mejanya—yang ditentukan oleh Indonesia selaku Presidensi G20.

Mendekati pukul 10.00 WITA, waktu dimulainya KTT G20 Bali, para pemimpin negara itu sudah menempati kursinya masing-masing. Di belakang mereka terdapat para menteri atau delegasi yang mendampingi.

Terdapat dua sisi pendek dan dua sisi panjang dari jejeran meja itu. Di salah satu sisi pendek terdapat lima kursi sementara di seberangnya hanya terdapat tiga kursi.

Berdasarkan pantauan Bisnis dari video yang disiarkan dari Media Center G20, Jokowi berada di sisi pendek dengan lima kursi. Sebagai Presidensi G20 2022, dia berada di tengah dan memimpin jalannya pertemuan.

Awak media maupun petugas lainnya tidak dapat mendekati ruangan lokasi KTT G20 maupun The Apurva Kempinski, sehingga jalannya pertemuan itu disimak melalui siaran langsung. Dalam tayangan itu urutan duduk para pemimpin negara tidak terlihat dengan jelas seluruhnya.

Menjelang mulainya pertemuan itu, kamera menyoroti tempat duduknya Jokowi. Dia ternyata duduk di tengah Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Menerka Diplomasi Jokowi dari Posisi Duduk Petinggi di KTT G20 Bali

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Perdana Menteri India Narendra Modi (kiri) dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni (kanan)

Ketiganya duduk berdampingan sebagai Troika, yakni Italia selaku Presidensi G20 2021 dan India akan menjadi presidensi pada tahun depan. Troika berperan untuk mengawal pelaksanaan pertemuan G20 setiap tahunnya dan memastikan keberlanjutan pembahasan isu.

Ketika KTT G20 dimulai, siaran dari dalam ruangan diberhentikan karea pertemuan berjalan tertutup. Namun, setelah pertemuan selesai, sejumlah foto dokumentasi jalannya KTT dibagikan secara bertahap oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemekominfo).

Dari dokumentasi itu terlihat bahwa Troika ternyata duduk bersama Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Di sisi meja dengan lima kursi, Meloni dan Jinping duduk di sebelah kiri Jokowi, lalu Modi dan Biden duduk di sebelah kanan Jokowi.

Menerka Diplomasi Jokowi dari Posisi Duduk Petinggi di KTT G20 Bali

Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) bersama Perdana Menteri India Narendra Modi (kanan)

Menerka Diplomasi Jokowi dari Posisi Duduk Petinggi di KTT G20 Bali

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni (kiri) bersama Presiden China Xi Jinping (kanan)

Di seberang Jokowi, jejeran meja dengan tiga kursi terdapat Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva, Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, dan Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Ketiga lembaga itu memegang peranan penting dalam menghadapi kondisi saat ini, baik pandemi Covid-19, konflik geopolitik, maupun guncangan ekonomi sebagai imbas dari perang Rusia vs Ukraina.

Menerka Diplomasi Jokowi dari Posisi Duduk Petinggi di KTT G20 Bali

Managing Director IMF Kristalina Georgieva (kiri) bersama Direktur Jenderal WHO (kanan) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Narendra Modi membagikan foto jalannya KTT G20 melalui akun Twitternya, @narendramodi. Dari sana terlihat posisi duduk seumlah pemimpin negara dari sudut pandang Georgieva, Guterres, dan Tedros.

Sudut pandang lebih luas ruangan KTT G20 juga terlihat dari tayangan siaran langsung sebelum dan setelah pertemuan berlangsung. Dari sana terlihat bahwa di sisi panjang, jejeran meja di kiri Jokowi terdapat 16 kursi, sedangkan di kanan Jokowi terdapat 15 kursi.

Menerka Diplomasi Jokowi dari Posisi Duduk Petinggi di KTT G20 Bali

Suasana KTT G20 Bali di The Apurva Kempinski. sumber: Twitter @narendramodi

Dari unggahan foto Modi itu, terlihat bahwa Presiden Islamic Development Bank (ISDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser duduk di dekat Guterres, yakni dekat sudut kanan depan Jokowi.

Berjarak tiga kursi di samping Al Jasser, terdapat Menteri Keuangan Ukraina Serhii Marchenko. Dia hadir mewakili Presiden Ukraina Volodymyr Oleksandrovych Zelenskiy, meskipun Zelenskiy tetap bergabung di pertemuan itu secara virtual.

Posisi Marchenko terkonfirmasi dalam foto dokumentasi rapat yang menunjukkan bentang meja di sisi kanan Jokowi. Di sana berjejer Marchenko, Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa, dan utusan Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama.

Di sisi yang sama pun terdapat Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, hingga Presiden Prancis Emmanuel Jean-Michel Frédéric Macron.

European Commission President Ursula von der Leyen terlihat menggunakan pakaian berwarna oranye saat tiba di lokasi KTT G20. Dalam dokumentasi KTT G20, dia terlihat berada di jajaran meja sebelah kiri Jokowi, di dekatnya terdapat Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Dalam dokumentasi yang lain, terlihat bahwa Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Viktorovich Lavrov terpaut empat kursi dari Trudeau. Lavrov hadir secara langsung ke Bali, sementara itu Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin bergabung secara daring.

Dokumentasi itu menunjukkan bahwa Lavrov berada di deretan kursi sebelah kiri Jokowi. Lavrov duduk di samping Menteri Luar Negeri Brazil Carlos Alberto Franca.

Lavrov menempati kursi ketujuh di sisi kiri Jokowi, sehingga posisinya hampir berada di tengah. Sementara itu, Serhii Marchenko menempati kursi ke-13 di sisi kanan Jokowi.

Artinya, delegasi Ukraina dan Rusia duduk berseberangan dalam KTT G20, meskipun tidak tepat saling berhadapan.

Menerka Diplomasi Jokowi dari Posisi Duduk Petinggi di KTT G20 Bali

KTT G20 Bali berlangsung pada 15—16 November 2022. Masyarakat dunia menantikan hasil konkret atau komunike dari pertemuan akbar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper