Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT G20 Dimulai, Kominfo: Semua Pemimpin Negara Datang Sesuai Jadwal

17 dari 20 kepala negara anggota G20 yang telah mengonfirmasi kehadirannya di KTT G20 telah tiba sesuai jadwal.
Bus listrik melintas di salah satu ruas jalan di Nusa Dua Bali untuk menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali/Antara
Bus listrik melintas di salah satu ruas jalan di Nusa Dua Bali untuk menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali/Antara

Bisnis.com, BADUNG - Para kepala negara dan kepala pemerintahan telah berdatangan di Bali untuk melakukan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di The Apurva Kempinski Bali pada 15—16 November 2022.

"Semua lancar, tidak ada yang melenceng dari jadwal yang sudah ditetapkan," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (IKP) Usman Kansong kepada Tim Komunikasi dan Media, Selasa (15/11/2022).

Untuk diketahui, pada Senin (14/11) sejumlah pemimpin Negara seperti Presiden Xi Jinping mendarat di Ngurah Rai sekitar pukul 15.45 WITA diikuti oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Sementara Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak tiba pukul 18.46 WITA.

Sebelum kedatangan tiga kepala pemerintahan di atas beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan anggota G20 lainnya juga telah tiba, antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Sementara kepala negara yang menjadi undangan KTT G20 juga beberapa tiba di hari yang sama. Antara lain Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Suriname Chandrikapersad Santokhi, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, dan Presiden Spanyol Pedro Sanchez.

Dalam waktu yang hampir bersamaan juga tiba pimpinan lembaga dunia seperti Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Presiden Uni Eropa Charles Michel, Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala, dan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Pemimpin negara anggota G20 lainnya yang turut memenuhi kehadirannya adalah Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi dan Perdana Menteri Saudi Arabia Mohammad bin Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Kedatangan ketiganya pun lengkap memenuhi 17 dari 20 kepala negara anggota G20 yang telah mengonfirmasi kehadirannya di KTT G20.

Sementara itu, pada Minggu (13/11) sebagain delegasi juga sudah hadir lebih dulu antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Presiden ADB Masatsugu Asakawa, Ketua WEF Klaus Martin Schwab, Presiden IsDB Muhammad Sulaiman Al Jasser, Direktur Jenderal ILO Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper