Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Fakta Pesawat Tempur Boeing B-17 yang Meledak di Langit AS

5 fakta tentang pesawat Boeing B-17 yang dilaporkan bertabrakan dan meledak di langit AS.
Boeng B-17 bertabrakan dan meledak di langit AS
Boeng B-17 bertabrakan dan meledak di langit AS

3. Harga Boeing B-17 per unitnya

Sebagai salah satu pesawat tempur yang berkekuatan monster, Boeing B-17 dibanderol dengan harga yang cukup fantasis per unitnya.

Satu B-17 Flying Fortress menelan biaya US$238,329 pada tahun 1945. Meski demikian itu di tahun 1945 sementara saat ini sudah tidak dijual dan diproduksi tipe yang sama.

Meskipun berbagai model Benteng Terbang B-17 diproduksi, akan tetapi tipe B-17G adalah yang paling disukai. 

Hampir 9000 B-17G diproduksi, paling banyak dari semua varian karena spesifikasinya yang unggul. Sebuah B-17G beratnya 65.000 pon dan bisa berlayar dengan kecepatan 150 mph dengan kecepatan maksimal pada 287 mph.

4. Canggihnya Boeing B-17 di tahun 1945

Selama Perang Dunia II, hampir 25 B-17 dilengkapi dengan kontrol radio & kamera, diisi dengan bahan peledak senilai 20.000 pound dan diberi nama Rudal Aphrodite. 

Kemudian Operasi Aphrodite diluncurkan, tepatnya ketika Angkatan Udara AS melakukan pengeboman presisi terhadap bunker dan target musuh yang diperkeras. 

Awalnya operasi tersebut sukses namun secara keseluruhan, dari 14 misi yang diterbangkan, tidak ada yang bisa menetralisir target masing-masing secara tuntas.

5. Nasibnya sekarang

Setidaknya ada 40 unit Boeing B-17 ditangkap oleh Luftwaffe. Mereka dicat ulang dan digunakan oleh Luftwaffe untuk latihan. 

Selain itu, mereka direkayasa ulang untuk meningkatkan pembom Jerman yang ada. Demikian pula, Soviet memperoleh B-17 yang telah mendarat di wilayah mereka karena kegagalan mekanis dan pada tahun 1946 mereka telah merekayasa balik B-17 dan B-29 untuk memproduksi Tu-4 mereka sendiri.

B-17 layak terbang terakhir yang tersisa di Eropa dikenal sebagai Sally B.

Unit tersebut sekarang berbasis di Imperial War Museum di Duxford, Inggris, dan masih terbang di pameran udara di seluruh Inggris dan Eropa. 

Pesawat melihat aksi terbatas selama Perang Dunia II karena dikirim terlambat pada tahun 1945. Hal ini secara aktif digunakan selama syuting film & newsreel. Di AS ada lebih banyak contoh terbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper