Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Biden di KTT Asean-AS, Jokowi Bahas Isu Pangan dan Energi

Jokowi berharap kemitraan Asean-AS bisa menjadi bagian dari solusi untuk menghadapi situasi dunia yang sedang menghadapi tantangan berat.
Presiden Jokowi mengikuti KTT ASEAN-AS yang dihadiri pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden di Hotel Sokha, Phnom Penh, Sabtu (12/11/2022) sore. Dok. BPMI Setpres/Laily Rachev.
Presiden Jokowi mengikuti KTT ASEAN-AS yang dihadiri pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden di Hotel Sokha, Phnom Penh, Sabtu (12/11/2022) sore. Dok. BPMI Setpres/Laily Rachev.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dalam gelaran KTT Asean-AS yang digelar di Kamboja. Dalam Pertemuan tersebut, AS dan Asean sepakat menjalin Kemitraan Komprehensif Strategis Asean-Amerika Serikat (AS).

Presiden Jokowi berharap kemitraan yang diluncurkan dalam KTT Asean-AS di Kamboja kali ini bisa menjadi bagian dari solusi menghadapi situasi dunia yang sedang menghadapi tantangan yang luar biasa.

Harapan tersebut Presiden Jokowi sampaikan saat berbicara sebagai negara koordinator dialog KTT Asean-AS yang dihadiri pemimpin Asean dan Presiden AS Joe Biden di Hotel Sokha, Phnom Penh, Sabtu (12/11/2022) sore.

“Kemitraan ini diluncurkan di saat dunia sedang hadapi tantangan yang luar biasa. Saya ingin membacakan ringkasan Asean Common Sense, di mana kemitraan Asean-AS dapat berkontribusi menjadi bagian dari solusi,” kata Jokowi dikutip dari laman resmi Setkab, Minggu (13/11/2022).

Ada tiga hal yang dikemukakan Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut. Pertama, Presiden mendorong perwujudan kemitraan bagi perdamaian dan stabilitas kawasan. Asean menginginkan kehadiran AS di kawasan membawa energi positif bagi perdamaian.

“Dukungan AS terhadap sentralitas Asean juga harus diterjemahkan dalam aksi nyata khususnya peran Asean sebagai agenda-setter dinamika di kawasan dan pembentukan arsitektur kawasan yang inklusif,” ujarnya.

Hal kedua yang disampaikan Kepala Negara adalah membangun kemitraan untuk ketahanan kawasan dan global. Sinergi kebijakan harus didorong untuk memastikan stabilitas sistem keuangan, dukungan likuiditas, dan efektivitas kebijakan ekonomi.

“Upaya membangun ketahanan pangan juga harus menjadi prioritas utama. Saya harap Asean dan AS dapat bekerja sama dalam peningkatan kapasitas produksi pangan, pengembangan bibit unggul, pemanfaatan teknologi pertanian, dan penguatan strategi ketahanan pangan di kawasan,” katanya.

Adapun, hal ketiga yaitu menciptakan kemitraan untuk masa depan berkelanjutan. Presiden Jokowi mengatakan Asean berkomitmen kuat mewujudkan masa depan berkelanjutan. Sebagai contoh, Asean akan tingkatkan penggunaan energi terbarukan hingga 23 persen pada 2025.

“Kami apresiasi komitmen AS untuk clean energy di kawasan. Kerja sama Asean-AS dapat diarahkan untuk mendorong investasi dan alih teknologi rendah karbon, membuka lapangan kerja baru dalam transisi energi, dan menciptakan kerangka regulasi dan pendanaan yang kondusif,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT Asean-AS yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper