Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia Mati-matian Pertahankan Posisi, Sistem Rudal AS dan Jerman Jadi Korban

Rusia berupaya mati-matian mempertahankan posisinya di tengah gempuran balik dari pihak Ukraina.
Beberapa kendaraan terbakar setelah Rusia meluncurkan rudal ke Ibu Kota Kyiv, Ukraina pada Senin (10/10/2022). Serangan ini meningkatkan esklasi perang Rusia vs Ukraina/The Moscow Times
Beberapa kendaraan terbakar setelah Rusia meluncurkan rudal ke Ibu Kota Kyiv, Ukraina pada Senin (10/10/2022). Serangan ini meningkatkan esklasi perang Rusia vs Ukraina/The Moscow Times

Bisnis.com, JAKARTA – Pasukan Rusia terus berupaya mati-matian untuk mempertahankan posisi mereka meski dihantam oleh gempuran militer Ukraina yang datang bertubi-tubi.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa serangan Ukraina datang dari berbagai sisi. Di arah Kupyansk, pasukan Ukraina dengan kekuatan hingga dua kelompok taktis batalion, yang diperkuat oleh tentara bayaran asing, meluncurkan tujuh serangan.

Beruntung tembakan artileri, serangan udara, dan tindakan aktif pasukan Rusia mendorong unit-unit Angkatan Bersenjata Ukraina kembali ke garis semula.

“Hingga 250 prajurit dan militan Ukraina, satu tank, enam kendaraan tempur infanteri, empat pengangkut personel lapis baja dan delapan kendaraan hancur,” tulis laporan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia, Senin (31/10/2022).

Pasukan Rusia juga berhasil menghancurkan pergerakan militer Ukraina yang mencoba melakukan operasi ofensif dengan dua kelompok taktis kompi ke arah pemukiman Stelmakhovka, Makeevka dan Chervonopopovka dari Republik Rakyat Luhansk.

Adapun, di arah Donetsk Selatan, unit pasukan Rusia selama operasi ofensif menghancurkan musuh di daerah pemukiman Novomikhailovka dan Vladimirovka dari Republik Rakyat Donetsk, dan juga merebut sejumlah benteng dan ketinggian yang dominan.

“Selama serangan, detasemen serangan pasukan Rusia maju lebih dari tiga kilometer ke kedalaman pertahanan musuh dan mencapai pinggiran selatan pemukiman Pavlovka di Donetsk.”

Upaya meredam serangan Ukraina juga dilakuka di arah Nikolaev-Kryvyi Rih. Ukraina meluncurkan tiga serangan yang gagal oleh kelompok taktis ke arah pemukiman Pyatikhatki, Chervony Yar, Ishchenka, wilayah Kherson. Serangan ini diklaim berhasil digagalkan.

“Lebih dari 180 prajurit Ukraina, 11 kendaraan tempur lapis baja dan 21 kendaraan hancur.”

Serangan ke Pihak Ukraina

Sementara itu, serangan ke Rusia ke Ukraina berhasil menghantam pusat komunikasi Angkatan Bersenjata Ukraina di dekat desa Belyaevka, wilayah Kherson, sebuah depot amunisi di dekat Kupyansk, wilayah Kharkiv, serta 68 unit artileri dalam posisi menembak, tenaga kerja dan peralatan militer di 189 wilayah.

Di dekat kota Ochakov, wilayah Mykolaiv, sebuah serangan terjadi di pusat pelatihan pasukan operasi khusus Angkatan Bersenjata Ukraina.

Kemhan Rusia juga melaporkan bahwa selama pertarungan kontra-baterai di daerah Shevchenkovka, wilayah Kherson, baterai artileri howitzer M777 Amerika dilibas. Di daerah kota Zaporozhye, dua peluncur sistem roket peluncuran ganda HIMARS Amerika juga dihantam seragan Rusia.

Adapun di daerah pemukiman Meshkovo-Pogorelovo, wilayah Mykolaiv, peluncur sistem roket peluncuran ganda MARS-2 Jerman dan gudang senjata roket dan artileri dihancurkan. Juga di daerah pemukiman Nikolaevka di Donetsk, radar kontra-baterai AN / TPQ-37 Amerika dihancurkan.

“Pesawat tempur menembak jatuh helikopter Mi-8 Angkatan Udara Ukraina di dekat desa Dudchany, wilayah Kherson.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper