Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Luhut: Indonesia Satu dari Sedikit Negara yang Berhasil Atasi Covid-19

Luhut Binsar Panjaitan mengklaim Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang berhasil mengatasi krisis pandemi Covid-19.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 17 Oktober 2022  |  12:55 WIB
Luhut: Indonesia Satu dari Sedikit Negara yang Berhasil Atasi Covid-19
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengklaim Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang berhasil mengatasi krisis pandemi Covid-19.

Luhut mengatakan, Indonesia telah menunjukkan dapat menyelesaikan masalah covid-19. Rahasianya, menurut Luhut, karena Indonesia menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi data atas dasar kebijakan.

“Saya rasa kita merupakan satu dari sedikit negara yang bisa mengatasi masalah Covid-19. Kami cukup  yakin, kami bisa mengatasi masalah ini,” ujar Luhut saat memberikan pidato di Pembukaan SOE International Conference dan Peluncuran Indonesia Water Fund (IWF) seperti yang disiarkan YouTube Kementerian BUMN RI, Senin (17/10/2022).

Dia mengingat kembali enam bulan yang lalu ketika Covid-19 varian delta sedang berada dipuncaknya. Luhut menjelaskan, saat itu situasi global sangat buruk, termasuk Indonesia. Di sisi lain, saat ini data menunjukkan Indonesia sudah bisa mengatasi Covid-19.

Menurut Luhut, perekonomian Indonesia yang terus tumbuh saat ini juga jadi bukti dan pemicu atas keberhasilan mengatasi pandemi.

“Keberhasilan pengendalian covid-19 telah memicu pemulihan ekonomi Indonesia, di mana ekonomi kembali tumbuh di atas 5 persen, bahkan PDB Indonesia telah kembali ke tingkat sebelum pandemi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan BUMN, terutama sektor kesehatan, telah berperan penting besar dalam membantu pemerintah mengatasi Covid-19. Dia memberikan contoh, beberapa bulan lalu saat pandemi berada di puncak, India sempat kesulitan memasok permintaan parasetamol.

Namun, Luhut mengungkapkan, BUMN sektor farmasi dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi India.

“BUMN di sektor kesehatan, dari rumah sakit hingga sektor farmasi, sangat membantu penekanan jumlah kasus Covid-19,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 Luhut Pandjaitan soe conference
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top