Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut: Indonesia Satu dari Sedikit Negara yang Berhasil Atasi Covid-19

Luhut Binsar Panjaitan mengklaim Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang berhasil mengatasi krisis pandemi Covid-19.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan  /Antara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan /Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengklaim Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang berhasil mengatasi krisis pandemi Covid-19.

Luhut mengatakan, Indonesia telah menunjukkan dapat menyelesaikan masalah covid-19. Rahasianya, menurut Luhut, karena Indonesia menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi data atas dasar kebijakan.

“Saya rasa kita merupakan satu dari sedikit negara yang bisa mengatasi masalah Covid-19. Kami cukup  yakin, kami bisa mengatasi masalah ini,” ujar Luhut saat memberikan pidato di Pembukaan SOE International Conference dan Peluncuran Indonesia Water Fund (IWF) seperti yang disiarkan YouTube Kementerian BUMN RI, Senin (17/10/2022).

Dia mengingat kembali enam bulan yang lalu ketika Covid-19 varian delta sedang berada dipuncaknya. Luhut menjelaskan, saat itu situasi global sangat buruk, termasuk Indonesia. Di sisi lain, saat ini data menunjukkan Indonesia sudah bisa mengatasi Covid-19.

Menurut Luhut, perekonomian Indonesia yang terus tumbuh saat ini juga jadi bukti dan pemicu atas keberhasilan mengatasi pandemi.

“Keberhasilan pengendalian covid-19 telah memicu pemulihan ekonomi Indonesia, di mana ekonomi kembali tumbuh di atas 5 persen, bahkan PDB Indonesia telah kembali ke tingkat sebelum pandemi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan BUMN, terutama sektor kesehatan, telah berperan penting besar dalam membantu pemerintah mengatasi Covid-19. Dia memberikan contoh, beberapa bulan lalu saat pandemi berada di puncak, India sempat kesulitan memasok permintaan parasetamol.

Namun, Luhut mengungkapkan, BUMN sektor farmasi dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi India.

“BUMN di sektor kesehatan, dari rumah sakit hingga sektor farmasi, sangat membantu penekanan jumlah kasus Covid-19,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper