Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NasDem Targetkan 10 November Umumkan Koalisi dan Cawapres untuk Anies

Partai NasDem mengungkapkan pihaknya berharap akan mengumumkan siapa saja partai politik yang menjadi koalisi dan sosok pasangan Anies.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 04 Oktober 2022  |  09:24 WIB
NasDem Targetkan 10 November Umumkan Koalisi dan Cawapres untuk Anies
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kanan) memeluk calon presiden yang diusung Nasdem pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Anies Baswedan (kedua kiri) saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Partai NasDem menargetkan akan mengumumkan koalisi dan sosok calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan pada 10 November 2022.

Sebelumnya, NasDem resmi mendeklarasikan Anies menjadi calon presiden (capres) usungannya untuk Pilpres 2024 pada Senin (3/10/2022). Ketua Umum NasDem Surya Paloh sendiri yang mengumumkan deklarasi tersebut.

Setelah itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad H.M. Ali mengungkapkan pihaknya berharap akan mengumumkan siapa saja partai politik yang menjadi koalisi dan sosok pasangan Anies untuk Pilpres 2024 pada bulan depan.

“Harapannya 10 November [2022] bisa diumumkan secara keseluruhan, siapa koalisinya, siapa wapres, paling tidak siapa koalisinya,” ujar Ali kepada awak media di NasDem Tower, dikutip Selasa (4/10/2022).

Menurutnya, NasDem ingin mendeklarasikan koalisi dan cawapres untuk Anies pada 10 November karena bertepatan pada Hari Pahlawan. Selain itu, pada keesokan harinya atau 11 November, merupakan hari jadi NasDem.

“Kenapa penting bagi NasDem 10 November itu? 11 Nov itu ulang tahun NasDem. Kami berharap ada kado ulang tahunlah, kado kecil-kecilan,” ungkap Ali.

Sebagai informasi, saat ini NasDem dekat dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Saat NasDem mendeklarasikan Anies, Demokrat dan PKS juga menyambut baik.

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengakui bahwa pihaknya punya kedekatan dengan NasDem. Dia mengaku, Demokrat selalu menghormati kemandirian dan independen si setiap partai politik dalam mengambil keputusan.

"Karena itu pula Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai capres dari partai NasDem untuk Pilpres 2024," ujar Herzaky kepada awak media di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Pernyataan serupa juga disampaikan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Dia memberikan selamat kepada Partai NasDem atas deklarasi Anies sebagai capres usungannya.

"Partai Keadilan Sejahtera mengucapkan selamat kepada Partai NasDem yang telah memutuskan untuk mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden Republik Indonesia," kata Syaikhu dalam keterang tertulis, Senin (3/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan Pilpres 2024
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top