Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perang Ukraina Vs Rusia, Ukraina Pukul Mundur Pasukan Rusia di Wilayah Timur

Perang Rusia-Ukraina memasuki fase baru setelah Ukraina memberikan pukulan besar terhadap cengkeraman Rusia di bagian timur.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 12 September 2022  |  08:21 WIB
Perang Ukraina Vs Rusia, Ukraina Pukul Mundur Pasukan Rusia di Wilayah Timur
Anggota Pasukan Kehormatan bersiap mengibarkan bendera nasional Ukraina di tengah-tengah masih berlangsungnya invasi Rusia saat Upacara Peringatan Hari Bendera Nasional di Kyiv, Ukraina, Selasa (23/8/2022). Hari Bendera Nasional dirayakan satu hari sebelum Peringatan Hari Kemerdekaan Ukraina yang jatuh setiap tanggal 24 Agustus. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia-Ukraina memasuki fase baru setelah Ukraina memberikan pukulan besar terhadap cengkeraman Rusia di bagian timur dengan serangan cepat yang membuat pasukan Ukraina memasuki kota strategis Izium setelah lima bulan pendudukan.

Pasukan Rusia terpaksa melarikan diri dari kota timur yang strategis itu hanya lima hari setelah pasukan Ukraina memulai serangan baru ke arah timur melalui wilayah Kharkiv.

"Pasukan Rusia melarikan diri dan meninggalkan senjata dan amunisi  mereka," kata juru bicara Brigade Bohun Angkatan Darat Ukraina dalam sebuah pernyataan seperti dikutip CNN.com, Senin (12/9/2022).

Pasukan Rusia juga melarikan diri dari kota strategis di Luhansk. Dalam pernyataannya, Staf Umum militer Ukraina menyatakan bahwa pasukan Rusia telah meninggalkan kota Svatove di wilayah Luhansk, sebuah kota yang  berjarak 40 kilometer (25 mil) di luar batas garis depan Pasukan Ukraina.

Svatove merupakan kota strategis pada rute pasokan Rusia ke garis depan yang lebih jauh ke selatan di sepanjang perbatasan wilayah Donetsk dan Luhansk.

"Para penjajah telah meninggalkan Svatove di wilayah Luhansk," kata kantor staf umum dalam sebuah posting Facebook.

Mereka bergegas pergi dengan empat truk Kamaz, dua puluh kendaraan lapis baja Tigr AV dan mencuri lebih dari 20 mobil penduduk setempat, menurut kantor itu.

CNN tidak dapat memverifikasi akun Ukraina secara independen. Sedangkan lebih dari 40 permukiman di wilayah Kharkiv dibebaskan, kata pejabat Ukraina.

Saat pasukan Rusia mundur di wilayah Kharkiv, seorang pejabat senior Ukraina mengatakan bahwa lebih dari 40 permukiman kini telah dibebaskan.

Roman Semenukha, Wakil Kepala Administrasi Militer Wilayah Kharkiv, mengatakan kepada televisi Ukraina: "Kami dapat secara resmi mengumumkan pembebasan lebih dari 40 permukiman. Situasinya berubah dengan sangat cepat dan ada banyak lagi permukiman seperti itu."

Semenukha mengatakan 40 permukiman hanya merujuk ke tempat-tempat di mana situasinya benar-benar terkendali, dan ada lebih banyak lagi di mana bendera Ukraina telah dikibarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina Ukraina Rusia
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top