Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-197: Ukraina Kuasai Sejumlah Wilayah Kherson dan Kharkiv

Tentara Ukraina telah melancarkan serangan di daerah Balakliia dan berhasil mengejutkan militer Rusia.
Suasana  kompleks apartemen rusak berat setelah penembakan semalam saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut di Kharkiv, Ukraina. REUTERS/Leah Millis
Suasana kompleks apartemen rusak berat setelah penembakan semalam saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut di Kharkiv, Ukraina. REUTERS/Leah Millis

Bisnis.com, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-197 sejak awal invasi. Pada hari ini, pasukan militer Ukraina telah melancarkan serangan di Kharkiv Oblast dan merebut kembali sejumlah pemukiman. 

Dilansir militaryland.net pada Kamis (8/9/2022), keberhasilan Ukraina juga terlihat di Kherson Oblast, yang di mana pasukan Ukraina telah merebut kembali satu pemukiman. 

Sementara itu, pasukan Rusia berhasil merebut bagian yang tersisa dari pemukiman Pisky, tetapi di wilayah Bakhmut mereka gagal mengambil alih karena terus digagalkan oleh pertahanan solid pasukan Ukraina. 

Ini update situasi militer di wilayah Ukraina hari ke-197:

1. Garis Depan Kharkiv

Terjadi kembali baku tembak antara kedua belah pihak, dengan kondisi pasukan Ukraina berhasil menangkis serangan Rusia di wilayah Pytomnyk dan Rusky Tyshky.

2. Garis Depan Kupyansk

Terdapat beberapa kejadian yang terjadi di beberapa titik di garis depan Kupyansk:

- Tentara Ukraina telah melancarkan serangan di daerah Balakliia dan berhasil mengejutkan Rusia dengan menggunakan operasi Brigade Lintas Udara ke-25, Brigade Serangan Udara ke-80 dan Brigade Mekanik ke-92.

- Pasukan Ukraina berhasil membebaskan Verbivka, Yakovenkove, Volokhiv Yar di utara Balakliia. Namun, perjuangan pasukan Ukraina dilanjutkan menuju wilayah Semenivka dan Bryhadyrivka.

- Pasukan Ukraina berhasil memukul mundur pasukan Rusia, sehingga pasukan Rusia meninggalkan posisi mereka di selatan Balakliia dan mundur menyeberangi sungai Siverskyi Donets. 

- Dikabarkan Kalynivka dan Taranushyne berhasil kembali direbut Ukraina, namun kabar ini belum dikonfirmasi kedua belah pihak. 

3. Garis Depan Bakhmut

Intensitas perang juga terjadi di garis depan Bakhmut, dengan rincian situasi sebagai berikut:

- Intensitas pertempuran telah menurun di Soledar, Bakhmutske dan menuju Bakhmut. Akan tetapi situasi baku tembak di ketiga wilayah ini terus berlanjut.

- Pasukan Rusia dikabarkan sedang berusaha mengendalikan wilayah di dekat Vesela Dolyna, namun upaya tersebut berhasil ditolak pasukan Ukraina. 

- Pasukan Rusia berhasil mendapatkan posisi strategis di  arah Mykolaivka Druha. 

- Serangan Rusia di Zaitseve, Kodema dan Mayorsk berhasil ditangkis pasukan Ukraina hingga membuat Rusia mundur. 

4. Garis Depan Slovyansk

Dilaporkan prajurit Brigade Serangan Udara ke-79 milik Ukraina telah menyeberangi sungai Siversky Donetsk dekat Raihorodok dan berhasil membebaskan Staryi Karavan. 

Sementara itu, Ukraina telah mengerahkan elemen Brigade Serangan Udara ke-80 dan Batalyon Serangan ke-46 Donbas di dekat Siversk, kelompok gabungan ini membuahkan hasil dengan mendorong pasukan Rusia menjauh dari Verkhnokamyanske dan Ivano-Darivka.

5. Garis Depan Donetsk

Pasukan Ukraina menangkis serangan Rusia di sekitar Novobakhmutivka, Avdiivka dan Opytne. 

Kemudian, di garis depan Donetsk terlihat pasukan Rusia sedang menyebrangi jembatan jalan raya di Stavok Mykka, sebelah barat Pisky. 

6. Garis Depan Zaporizhzhia

Pada garis depan Zaporizhzhia tidak ada peristiwa yang terjadi dan juga tidak terjadi aktivitas penembakan. 

7. Garis Depan Kherson

Keberhasilan pasukan Ukraina juga terlihat di garis depan Kherson atau lebih tepatnya di Novovoznesenske dengan pengibaran bendera Ukraina oleh Prajurit Brigade Gunung 128.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper