Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rusia dan China Pamer Kemesraan dengan Lakukan Latihan Militer Bersama

Rusia akan memulai latihan militer bersama dengan pasukan China untuk memamerkan hubungan pertahanan kedua negara yang semakin erat.
Rusia dan China Pamer Kemesraan dengan Melakukan Latihan Militer Bersama/Reuters
Rusia dan China Pamer Kemesraan dengan Melakukan Latihan Militer Bersama/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Rusia akan memulai latihan militer bersama dengan pasukan dari China untuk memamerkan hubungan pertahanan kedua negara yang semakin erat di tengah perang melawan Ukraina.

Latihan Vostok 2022 (Timur 2022) akan diadakan pada 1-7 September 2022 di berbagai lokasi di Timur Rusia dan Laut Jepang. Latihan ini melibatkan lebih dari 50.000 tentara dan 5.000 unit senjata, termasuk 140 pesawat dan 60 kapal perang. 

Latihan militer ini dikabarkan akan dilakukan di tujuh lapangan tembak di timur jauh Rusia dan akan melibatkan pasukan dari beberapa negara bekas Soviet, China, India, Laos, Mongolia, Nikaragua, dan Suriah.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan unit pasukan udara, pembom jarak jauh, dan pesawat kargo militer akan mengambil bagian dalam latihan bersama dengan pasukan lain.

Saat pertama kali mengumumkan latihan militer bersama pada bulan lalu, militer Rusia menekankan bahwa angkah itu adalah bagian dari pelatihan tempur yang direncanakan yang terus berlanjut, meskipun invasi tengah dilakukan di Ukraina.

Kementerian mencatat sebagai bagian dari manuver, angkatan laut Rusia dan Cina di Laut Jepang akan mempraktekkan latihan bersama untuk melindungi komunikasi laut, bidang kegiatan ekonomi laut dan dukungan untuk pasukan darat di daerah pesisir. 

"Latihan itu tidak ditujukan terhadap negara atau aliansi militer tertentu dan murni defensif," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Fomin, dikutip Aljazeera.com, Selasa (30/8/2022).

Dia menambahkan bahwa latihan angkatan laut akan mengambil bagian di bagian utara dan tengah Laut Jepang.

Latihan tersebut mencerminkan peningkatan hubungan pertahanan antara Moskow dan Beijing, yang telah tumbuh lebih kuat sejak Rusia mengirim pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari lalu.

China dengan tegas menolak kritikan atas tindakan Rusia dengan menyebut Amerika Serikat sebagai penghasut utama perang, termasuk ekspansi NATO yang menjatuhkan sanksi pada Moskow.

Sebagai imbalannya, Rusia sangat mendukung China di tengah ketegangan dengan AS setelah kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi baru-baru ini ke Taiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper