Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nama Hari dan Bulan Dalam Bahasa Inggris, dan Cara Membacanya

Belajar Bahasa inggris bisa dimulai dari hal-hal dasar yang biasa digunakan sehari-hari. Simak nama hari dan bulan dalam bahasa inggris serta cara membacanya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  16:34 WIB
Nama Hari dan Bulan Dalam Bahasa Inggris, dan Cara Membacanya
Belajar Bahasa inggris bisa dimulai dengan hal dasar yang biasa digunakan sehari-hari, seperti menghafalkan Nama Hari dan Bulan Dalam Bahasa Inggris./Kalender - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama hari dalam Bahasa Inggris adalah materi dasar yang harus kamu miliki Ketika kamu belajar Bahasa Inggris. Sebab, nama hari pasti digunakan di berbagai macam percakapan umum, bahkan saat kamu memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Nama hari dalam Bahasa Inggris tidak sulit untuk dihafal karena akhirannya selalu “-day”. Jadi hanya perlu menghafal unsur depannya saja. 

Pentingnya Bahasa Inggris menjadikan para orang tua membekali anak-anak mereka dengan penguasaan bahasa Inggris yang mumpuni sejak dini. Faktanya, banyak anak yang telah dikenalkan dalam Bahasa Inggris sejak kecil. 

Belajar Bahasa inggris bisa dimulai dengan hal dasar yang biasa digunakan sehari-hari, seperti menghafalkan nama-nama hari dan nama bulan. Tidak bisa dipungkiri, masih ada yang belum fasih nama-nama hari dalam satu minggu dan nama-nama bulan dalam Bahasa Inggris. 

Jika sudah hafal, kamu akan lebih mudah dalam percakapan dan kamu bisa menghafal kata-kata lain dalam Bahasa Inggris yang lebih kompleks. 

Berikut nama hari dan nama bulan dalam Bahasa Inggris yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Nama Hari dalam Bahasa Inggris

1. Monday (Senin)

Nama-nama hari dalam Bahasa Inggris yang pertama adalah Senin. Hari senin dalam Bahasa Inggris disebut dengan Monday, kamu bisa melafalkannya dengan /’mand/. Kata Monday diambil dari istilah lain “dies Lunae” yang berarti :Moon’s Day”. Penggunaan kata Monday sendiri biasanya bisa disingkat menjadi Mon atau Mo. 

2. Tuesday (Selasa)

Dalam Bahasa Inggris disebut dengan Tuesday, ada huruf ‘y’ yang diucapkan secara samar-samar di antara huruf ‘t’ dan ‘u’, sehingga pelafalannya menjadi /’t(y)uzd/. Jika Monday diambil dari istilah “dies lunae”, maka Tuesday diambil dari istilah “Tiw’s Day” yang berasal dari nama Tyr, dewa dalam mitologi Nordik. 

3. Wednesday (Rabu)

Pelafalannya berbeda dengan bentuk tulisannya, yaitu /’wenzd/. Jadi yang pelafalan yang benar itu wenz-d bukan wed-nes-de. Nama hari dalam Bahasa Inggris yang satu ini berasal dari nama dewa dalam kepercayaan Jerman. Yaitu, wodo yang masih berhubungan dengan dewa Odin. 

4. Thursday (Kamis)

Dalam Bahasa Inggris, nama hari Kamis hampir mirip dengan nama hari Selasa, sehingga kamu harus perhatikan antara tues and thurs. pelafalan hari Kamis adalah /ˈTHərzd/.Hari Kamis merupakan hari pertengahan dalam sebuah Minggu menuju Weekend tapi masih weekdays. Nama hari dalam Bahasa Inggris ini diambil dari “Thor’s Day”, dewa mitologi Nordik. 

5. Friday (Jumat)

Kamu bisa melafalkannya dengan /ˈfraed/. Usut punya usut, nama Friday ini berasal dari “day of Frigg”, dewa mitologi Nordik Frigg. Ada juga ungkapan terkenal mengenai hari Jumat yang berbunyi “Thank God it’s Friday”. Memang hari jumat hari yang ditunggu-tunggu setiap orang, karena hari ini merupakan hari pembuka menuju Weekend yang sesungguhnya. 

6. Saturday (Sabtu)

Sabtu atau Saturday adalah nama hari dalam Bahasa inggris yang biasanya dilafalkan dengan /ˈsadərd/. Hari sabtu merupakan hari pertama di mana weekend berlangsung meskipun bagi beberapa orang hari Sabtu menjadi hari workday, tapi setidaknya hari Sabtu membawa kebahagiaan yang mengantarkanmu pada malam Minggu. 

7. Sunday (Minggu)

Kamu bisa melafalkan Sunday dengan /ˈsand/. Meskipun bagi orang Indonesia hari Minggu merupakan hari weekend terakhir, tapi ternyata beberapa negara timur tengah Minggu dijadikan hari pertama kerja. 

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

1. Januari dalam Bahasa Inggrisnya January, hanya berubah pada huruf akhirnya diganti dengan huruf Y.

2. Februari dalam Bahasa inggrisnya February, yang juga mengganti huruf akhir I diganti dengan huruf Y.

3. Maret dalam Bahasa Inggrisnya March. Ini sedikit berbeda dalam tulisan. Namun, dalam penyebutannya sedikit mirip.

4. April dalam Bahasa Inggrisnya penulisannya sama April hanya berbeda dalam pelafalannya saja.

5. Mei dalam Bahasa Inggrisnya disebut dengan May, sedikit mirip pelafalannya.

6. Juni dalam Bahasa Inggrisnya adalah June yang berubah huruf akhirnya diganti dengan huruf E.

7. Juli dalam Bahasa Inggrisnya adalah July. Ini sama dengan January dan February berubah huruf I menjadi Y.

8. Agustus dalam Bahasa Inggris disebut dengan August. Penulisannya dengan menghilangkan huruf U dan S di bagian akhir.

9. September dalam Bahasa Inggris sama penulisannya yaitu September juga.

10. Oktober dalam Bahasa Inggris adalah October, yang mengubah huruf K menjadi C.

11. November dalam Bahasa Inggris sama penulisannya yaitu November.

12. Desember dalam Bahasa Inggris adalah December, yang berubah Huruf S diganti dengan huruf C. Itulah nama hari dan bulan dalam bahasa inggris yang bisa kamu ajarkan ke sang buah hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nama bahasa inggris bulan belajar
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top