Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Istighfar Lengkap, Beserta Arti dan Keutamaannya 

Bacaan istighfar adalah bacaan yang diucapkan untuk memohon ampun kepada Allah SWT, agar menghapuskan dosa. 
Bacaan istighfar lengkap/Antara-Rahmad
Bacaan istighfar lengkap/Antara-Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA - Bacaan istighfar merupakan salah satu bacaan yang lekat dalam kehidupan umat islam. Bacaan istighfar adalah alat bagi setiap umat muslim agar selalu mengingat Allah dan memohon pertolongannya. 

Bacaan istighfar merupakan salah satu sebab dihapusnya dosa manusia dan diampuni segala kesalahan. Al-quran dan As-sunnah telah memuat banyak sekali catatan atau nash yang mengagungkan kedudukan bacaan ini. 

Dilihat dari asal kata, istighfar berasal dari kata ghofaro yaghfiru yang bermakna mengampuni atau memaafkan. Istighfar sendiri mempunyai makna yang luas, yaitu meminta ampun kepada Allah SWT dari dosa-dosa yang dikerjakan. 

Selain itu, makna istighfar juga mengandung arti untuk memohon pertolongan agar senantiasa mampu mencegah diri dan terhindarkan diri dari melakukan dosa besar, agar seseorang tidak ikut terkena kejahatan yang dilakukan oleh orang lain, dan memohon ampun dari dosa-dosa kecil yang telah mereka lakukan. 

Berikut bacaan istighfar dan keutamaannya yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Istighfar pendek

“astaghfirullah”

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah 

2. Istighfar Nabi Muhammad SAW sebelum wafat

“Subhanallahi wabihamdih, astaghfirullaha wa atuubu ilaih”

Artinya: Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya

3. Istighfar pelebur dosa

“Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih”

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri. Dan aku Bertaubat kepada-Nya.

4. Istighfar majelis

“Rabbighfirli wa tub ‘alaiya, innaka antat tawwabur rahiim”

Artinya: Wahai pemeliharaku, ampunilah aku dan berilah taubat kepada-Ku. 

5. Istighfar sebelum salam dalam shalat

“Allahumma inni dhalamtu nafsi dhulman katsira, wala yaghfirudz dzunub illa anta, faghfirluu maghfiratan min indik, warhamnii innaka antal ghafurur rahiim”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku telah zalim kepada diriku dengan kezaliman yang banyak dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Ampunilah aku dengan ampunan dari-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 

6. Istighfar Nabi Adam

“Robbana dholamna anfusana, wa illam taghfir lana wa tarhamna lanakuunanna minal khasirin” 

Artinya: Wahai pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat zalim terhadap diri-diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi. 

7. Doa sayyidul istighfar

“Allahumma anta Rabbi, la ilaha illa anta, Khalaqtani wa ana abduka, wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika, mas tatha’tu, audzu bika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bi ni’matika wa abu’u laka bi dzanbi. Faghfir li, fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta”

Artinya: Ya Allah, Engkaulah pemeliharaku. Tiada sesembahan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku berada pada kesepakatan dan perjanjian dengan-Mu, semampu-Ku. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan yang aku perbuat. Aku bertaubat kepada-Mu dengan Karunia-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu dengan dosa-Ku. Maka, ampunilah aku karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau. 

Keutamaan Istighfar

1. Mendapatkan ampunan

Sama seperti artinya, istighfar adalah meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah diperbuat. Ini harus dilakukan secara sungguh-sungguh agar mendapatkan keutamaan istighfar ini. 

2. Mendapat keberuntungan

Dikutip dari Hadits Riwayat Ibnu Majah, umat muslim yang senantiasa membaca  kalimat thayyibah untuk beristighfar akan mendapatkan banyak keberuntungan, terutama keberuntungan di akhirat kelak. 

“Beruntunglah orang yang ada di dalam catatan amalnya terdapat istighfar yang banyak” (HR. Ibnu Majah)

3. Membuka pintu rezeki

Tertulis dalam Al-Quran, bahwa Allah membukakan pintu rezeki bagi orang yang banyak membaca istighfar. Allah akan memberikan kemakmuran dan kemudahan rezeki bagi mereka yang beristighfar. 

“Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (QS. Nuh: 12)

4. Diberi kekuatan

Dalam QS. Hud ayat 52, orang yang banyak beristighfar akan diberi kekuatan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, jika merasa lemah dan menghadapi kesulitan, maka hendaknya memperbanyak bacaan istighfar. 

"Dan (dia berkata): ‘Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertaubatlah kepada-Nya, niscaya dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan pada kekuatanmu dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa. 

5. Bahagia

Menurut hadis Riwayat Baihaqi, di hari yaumul hisab dimana semua orang mendapatkan catatan amalnya, orang-orang yang banyak beristighfar akan membantu merasa gembira atau Bahagia. Hal ini dikarenakan catatan amalnya berisi banyak kebaikan dari istighfar yang dibacanya. 

Itulah bacaan istighfar yang bisa kamu amalkan dalam kehidupan sehari-hari agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper