Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT ke-77 RI, Ini Kebaya Pilihan Puan Maharani

Puan Maharani memakai kebaya berwarna abu-abu dengan potongan kerah V seperti model kebaya yang dipopulerkan oleh Kartini.
Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden
Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua DPR Puan Maharani menghadiri upacara kemerdekaan 17 Agustus dengan mengenakan kebaya di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022).

Kebaya tersebut merupakan karya Didiet Maulana. Puan Maharani memakai kebaya berwarna abu-abu dengan potongan kerah V. Kebaya model itu dipopulerkan oleh Kartini.

Menurut Didiet, kebaya yang digunakan Puan punya makna tersendiri, terutama dari warnanya.

“Warna abu-abu muda memberikan nuansa keseimbangan, sebuah warna yang menjembatani hitam dan putih,” ujar Didiet dikutip dari lama resmi DPR, Rabu (17/8/2022).

Dia menjelaskan, proses pembuatan kebaya memakan waktu yang tak sebentar karena juga dibatik. Selain itu, lanjut Didiet, digunakan gentong tanah liat untuk merendam batiknya untuk menambah daya tariknya.

“Pembuatan kain batik ini diselesaikan dalam waktu satu tahun. Setelah dibatik, kain kemudian direndam dalam gentong tanah liat sampai bisa 40 hari lamanya. Proses perendaman di dalam gentong diyakini bisa menambah pesona kain batik,” jelas Didiet.

Tak lupa, Puan juga memberi pesan di hari peringatan kemerdekaan. Dia mengingatkan agar seluruh masyarakat terlibat dalam pembangunan bangsa.

Menurut politisi PDI Perjuangan (PDIP) tersebut, seluruh pemegang kepentingan harus berkomitmen dengan semangat gotong royong. Dengan begitu, lanjutnya, Indonesia dapat maju.

“Sangat penting bagi kita semua, seluruh pemangku berkepentingan, seluruh anak bangsa, untuk membangun kekuatan nasional kita, yang dimulai dari kesadaran, kemauan dan komitmen untuk ikut ambil bagian dalam kerja bersama, gotong royong, memajukan Indonesia di segala bidang,” jelas Puan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper