Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT ke-77 RI, Ini Kebaya Pilihan Puan Maharani

Puan Maharani memakai kebaya berwarna abu-abu dengan potongan kerah V seperti model kebaya yang dipopulerkan oleh Kartini.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  15:40 WIB
HUT ke-77 RI, Ini Kebaya Pilihan Puan Maharani
Tangkapan layar - YouTube Sekretariat Presiden
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua DPR Puan Maharani menghadiri upacara kemerdekaan 17 Agustus dengan mengenakan kebaya di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022).

Kebaya tersebut merupakan karya Didiet Maulana. Puan Maharani memakai kebaya berwarna abu-abu dengan potongan kerah V. Kebaya model itu dipopulerkan oleh Kartini.

Menurut Didiet, kebaya yang digunakan Puan punya makna tersendiri, terutama dari warnanya.

“Warna abu-abu muda memberikan nuansa keseimbangan, sebuah warna yang menjembatani hitam dan putih,” ujar Didiet dikutip dari lama resmi DPR, Rabu (17/8/2022).

Dia menjelaskan, proses pembuatan kebaya memakan waktu yang tak sebentar karena juga dibatik. Selain itu, lanjut Didiet, digunakan gentong tanah liat untuk merendam batiknya untuk menambah daya tariknya.

“Pembuatan kain batik ini diselesaikan dalam waktu satu tahun. Setelah dibatik, kain kemudian direndam dalam gentong tanah liat sampai bisa 40 hari lamanya. Proses perendaman di dalam gentong diyakini bisa menambah pesona kain batik,” jelas Didiet.

Tak lupa, Puan juga memberi pesan di hari peringatan kemerdekaan. Dia mengingatkan agar seluruh masyarakat terlibat dalam pembangunan bangsa.

Menurut politisi PDI Perjuangan (PDIP) tersebut, seluruh pemegang kepentingan harus berkomitmen dengan semangat gotong royong. Dengan begitu, lanjutnya, Indonesia dapat maju.

“Sangat penting bagi kita semua, seluruh pemangku berkepentingan, seluruh anak bangsa, untuk membangun kekuatan nasional kita, yang dimulai dari kesadaran, kemauan dan komitmen untuk ikut ambil bagian dalam kerja bersama, gotong royong, memajukan Indonesia di segala bidang,” jelas Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

HUT Kemerdekaan RI puan maharani pakaian kebaya
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top