Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Pakaian Adat Pilihan Menteri Pertahanan Prabowo Saat HUT ke-77 RI

Prabowo terlihat mengenakan baju adat Beskap Betawi berwarna putih saat menghadiri Upacara Kemerdekaan di Istana Merdeka.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  15:23 WIB
Ini Pakaian Adat Pilihan Menteri Pertahanan Prabowo Saat HUT ke-77 RI
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggunakan beskap Betawi saat menghadiri upacara HUT ke-77 RI./Tangkapan layar - YouTube Sekretariat Presiden
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memakai Beskap Betawi saat menghadiri Upacara Kemerdekaan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (17/8/2022).

Dari pantuan di siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, Prabowo terlihat mengenakan baju adat Beskap Betawi berwarna putih saat menghadiri upacara. Dia juga mengalungi bintang kehormatan TNI yang baru dirinya terima pada Senin (15/8/2022) lalu.

Apa itu Beskap? Beskap atau jas tutup adalah kemeja pria resmi dalam tradisi Jawa Mataraman untuk dikenakan pada acara-acara resmi atau penting.

Beskap mulai banyak dipakai sejak abad ke-18 oleh kalangan kerajaan-kerajaan di wilayah Vorstenlanden, kemudian menyebar ke berbagai wilayah pengaruh budayanya. Saat perayaan HUT ke-77 RI, Prabowo juga memakai peci hitam yang rutin dipakai saat acara resmi.

Saat upacara penaikan Sang Saka Merah Putih, Prabowo terlihat duduk di samping Hary Tanoesoedibjo (HT) Ketua Umum Partai Perindo. HT sendiri terlihat mengenakan jas hitam resmi.

Sebagai informasi, pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juli 2022 yang digelar secara daring, Prabowo juga terlihat memakai pakaian yang sama, beskap Betawi berwarna krem. Bedanya, kini pria yang juga menjabat sebagai ketua umum Partai Gerindra tersebut juga memakai kalung bintang kehormatan TNI.

Prosesi Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus di Istana Merdeka dijadwalkan akan berakhir setelah pukul 17.00 WIB, setelah prosesi penurunan bendera sang merah putih.

Berikut ini urutan upacara 17 Agustus di Istana Merdeka pada hari ini:

1. Pertunjukan Kesenian, pukul 08.00 WIB di halaman Istana Merdeka dan secara daring

2. Kirab Bendera Pusaka dari Monumen Nasional ke Halaman Istana Merdeka, pukul 08.30 WIB di Silang Monas, di halaman Istana Merdeka dan secara daring

3. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, pukul 10.00 WIB di halaman Istana Merdeka dan secara daring

4. Pertunjukan Kesenian, pukul 15.45 WIB di halaman Istana Merdeka dan secara daring

5. Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih, pukul 17.00 WIB di halaman Istana Merdeka dan secara daring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prabowo subianto
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top