Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Doa Untuk Orang Sakit agar Diberikan Kesembuhan

Berikut doa untuk orang sakit, agar diberikan kesembuhan sehingga bisa sehat kembali.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  20:44 WIB
Ini Doa Untuk Orang Sakit agar Diberikan Kesembuhan
Doa untuk orang sakit agar cepat sembuh
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Doa untuk kesembuhan orang sakit terdapat dalam salah satu ajaran Nabi Muhammad dan penting untuk dipahami oleh semua umat islam. Dengan membaca doa untuk kesembuhan orang sakit, seseorang juga mengamakan tindakan terpuji yang dianjurkan Rasul. 

Setiap orang tentunya tidak ingin jatuh sakit. Namun, sakit adalah hal yang manusiawi dan dapat terjadi pada semua orang meskipun ia sudah berusaha menjaga Kesehatan sekalipun. Dalam Islam, datangnya penyakit berupa bentuk ujian kesabaran, bagi untuk orang yang sakit maupun yang merawatnya. 

Umat Islam dianjurkan untuk mendoakan orang yang sakit agar segera sembuh. Ini juga sebagai amalan yang mendatangkan pahala. Doa untuk kesembuhan orang sakit ada banyak macamnya, beberapa diantaranya telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. 

Rasulullah SAW sering kali menjenguk sahabatnya yang sedang sakit sambil membacakan doa untuk orang sakit. Tujuannya membaca doa adalah agar Allah SWT segera mengangkat penyakit yang diderita seseorang serta memberikan kesembuhan pada orang sakit tersebut. 

Berikut doa-doa untuk kesembuhan orang sakit yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Doa saat menjenguk orang sakit

Menjenguk orang sakit merupakan hal yang dianjurkan oleh Allah Ta’aala/ bahkan, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk menjenguk serta mendoakan orang yang sedang sakit. Adapun doa yang biasa Rasulullah panjatkan adalah sebagai berikut: 


As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yaasfiyaka

(Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu)

2. Doa untuk orang sakit perempuan

Jika kamu memiliki keluarga, teman atau kerabat perempuan yang sedang sakit, alangkah baik nya mengucapkan kalimat “syafakillah”, “syafahallah”, syafahunallah”. Ketika kalimat itu memiliki makna yang sama, yaitu “semoga Allah menyembuhkanmu”. Hanya saja perbedaannya terletak pada cara pengunaannya dan orang yang dituju. 

Dalam Bahasa Arab, “syafakillah” diucapkan Ketika yang sedang sakit adalah perempuan, dan diucapkan langsung kepada orang yang sakit. Sedangkan, kalimat “syafahallah” digunakan jika mengucapkan untuk orang ketiga perempuan, serta “syafahunallah” diucapkan untuk orang ketiga lebih dari satu perempuan. 

Namun, ucapan untuk orang sakit perempuan di atas adalah ucapan yang singkat. Akan lebih baik jika ucapan ditambah dengan doa “syafakillah laa basa thogur insyaallah” yang artinya “semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan). Tidak mengapa, insyaallah sakitmu ini membuat dosamu bersih. 

Selain itu, ada juga doa yang bisa dipanjatkan kepada orang-orang yang sakit seperti berikut, “Allahumma robbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi la syifa’a illa syifa’uka syifa’an la yughadiru suqoman” yang artinya adalah “Tuhanku, Tuhan dari semua manusia, hilangkangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena kamu adalah penyembuh. Tiada yang bisa menyembuhkan penyakit kecuali kamu denga kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri. 

3. Doa untuk orang tua sakit

Mengurus orang tua tergolong ibadah yang paling tinggi derajatnya. Dalam beberapa hadis digambarkan, mengurusi orang tua termasuk ibadah yang sangat banyak pahalanya. Bahkan, lebih utama mengurus orang tua dibandingkan berjihad. 

Apalagi jika kondisi orang tua menurun, itu artinya sebagai anak wajib untuk merawat orang tua dan memberikan perhatian lebih. Sebagai umat Muslim, tentu doa untuk kesembuhan orang tua yang sakit menjadi hal yang utama. Sebab, hanya doa anak soleh yang akan menjadi salah satu bekal orang tua kita walau kelak terpisah alam. 

Mendoakan kedua orang tua yang sakit adalah sebuah hal yang lazim dilakukan oleh seorang anak. Berdoa bisa dikatakan sebagai salah satu cara untuk berinteraksi dengan Allah, di mana penyakit tersebut tidak semata-mata diberikan kecuali dengan izin Allah. Berikut doa yang bisa kamu ucapkan: 

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama. 

(Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah ia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain)

Itulah beberapa doa untuk kesembuhan orang sakit. Selalu doakan orang-orang tersayang kamu dalam kondisi apapun setiap harinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa sakit islam
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top