Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Umumkan Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat

Amerika Serikat (AS) menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat dan sekaligus menjadi langkah untuk mendapatkan dana memerangi penyakit itu.
Ikustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox)./Istimewa
Ikustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Amerika Serikat (AS) menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat dan sekaligus menjadi langkah untuk mendapatkan dana, serta alat tambahan guna memerangi penyakit itu.

Deklarasi itu muncul saat jumlah kasus melewati 6.600 di Amerika Serikat pada Rabu (3/8/2022) dan hampir semua yang terkena wabah itu adalah pria yang berhubungan seks dengan pria alias gay.

"Kami siap untuk mengambil tindakan lanjutan  dalam mengatasi virus ini, dan kami mendesak setiap orang Amerika Serikat untuk menganggap cacar monyet dengan serius," kata Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan, Departemen Kesehatan, Xavier Becerra pada sebuah pengarahan seperti dikutip CNN.com, Jumat (5/8/2022).

Deklarasi tersebut juga akan membantu meningkatkan ketersediaan data cacar monyet, kata Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS Rochelle Walensky saat berbicara bersama Bacerra.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menjuluki cacar monyet sebagai "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional" dengan tingkat siaga tertingginya.

Deklarasi WHO bulan lalu dirancang untuk memicu respons internasional yang terkoordinasi dan dapat membuka pendanaan untuk berkolaborasi dalam vaksin dan perawatan.

Presiden Joe Biden awal bulan ini menunjuk dua pejabat tinggi federal untuk mengoordinasikan tanggapan pemerintahannya terhadap cacar monyet, menyusul deklarasi keadaan darurat oleh negara bagian California, Illinois, dan New York.

Pertama kali diidentifikasi pada monyet pada tahun 1958, penyakit ini memiliki gejala ringan termasuk demam, nyeri dan lesi kulit berisi nanah, dan orang cenderung dalam waktu dua hingga empat minggu, menurut WHO.

Penyakit itu menyebar melalui kontak fisik yang dekat dan jarang berakibat fatal.

Anthony Fauci, Kepala Penasihat Medis Biden, mengatakan bahwa sangat penting untuk melibatkan para pemimpin dari komunitas gay sebagai bagian dari upaya untuk mengendalikan wabah itu, tetapi memperingatkan agar tidak menstigmatisasi gaya hidup mereka.

“Keterlibatan masyarakat selalu terbukti berhasil,” kata Fauci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper