Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkes Konfirmasi 1 Kasus Suspek Monkeypox di Semarang

Kemenkes mengonfirmasi adanya temuan 1 kasus suspek monkeypox atau cacar monyet di Semarang.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 04 Agustus 2022  |  10:09 WIB
Kemenkes Konfirmasi 1 Kasus Suspek Monkeypox di Semarang
Ilustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengonfirmasi adanya temuan 1 kasus suspek monkeypox atau cacar monyet di Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (3/8/2022).

Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril menyampaikan, bahwa kasus tersebut diidentifikasi pada seorang laki-laki berusia 55 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

"Seorang laki-laki, usia 55 tahun dan bukan merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN)," jelas Syahril kepada Bisnis, Rabu (3/8/2022).

Dia juga menegaskan, bahwa temuan kasus suspek ini bukan berasal dari kelompok gay, yang disebut sebagai kelompok berisiko tinggi tertular virus monkeypox.

Dia menambahkan, dinas kesehatan setempat akan segera melakukan pemeriksaan di laboratorium PCR untuk memastikan apakah pasien suspek tersebut memang telah terinfeksi virus monkeypox.

"Akan dilakukan pemeriksaan laboratorium PCR untuk memastikannya, karena bisa saja hanya cacar biasa atau penyakit lain yang bukan monkeypox," kata Syahril.

Pada kesempatan yang berbeda, Syahril menyampaikan bahwa pihaknya telah melaporkan sebanyak 9 kasus monkeypox hingga 26 Juli 2022. Setelah dilakukan pemeriksaan PCR, kesembilan pasien itu telah dinyatakan negatif dan bebas dari virus monkeypox.

Kasus monkeypox sendiri telah dilaporkan oleh 87 negara di dunia, yang 80 di antaranya bahkan bukan merupakan kelompok negara endemik monkeypox.

Mengacu pada data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), total kasus monkeypox hingga Kamis (4/8/2022) telah mencapai angka 26.208 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Monkeypox Cacar monyet kemenkes
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top