Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Survei Capres: Ganjar Pranowo Teratas, Disusul Anies dan Prabowo

Ganjar bertengger di posisi teratas dengan elektabilitas 30 persen, disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Mengukur kredibilitas survei politik/Antara
Mengukur kredibilitas survei politik/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Survei Politika Research and Consulting (PRC) menyebut elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden kian moncer.

Hal tersebut berdasarkan survei nasional tentang elektabilitas calon presiden (capres) periode 2024-2029 yang dilakukan PRC.

Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo menjelaskan, elektabilitas Ganjar berada di urutan teratas pada simulasi 10 nama.

Ganjar bertengger di posisi teratas dengan elektabilitas 30 persen, disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 23,8 persen dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 20,8 persen.

"Pada simulasi 10 nama, Ganjar unggul sangat jauh berada di atas Anies, Prabowo, dan nama-nama lainnya," tutur Rio dalam keterangan resmi, Minggu (24/7/2022).

Pada survei top of mind, Ganjar juga berada di urutan teratas dengan perolehan 23,7 persen. Disusul Anies dan Prabowo di belakangnya.

"Dari aspek elektabilitas top of mind, Ganjar mendapat perolehan 23,7 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 18,7 persen, kemudian Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 17,9 persen," kata Rio.

Lewat survei top of mind ini, para responden ditanya pertanyaan terbuka, "Seandainya pemilihan Capres-Cawapres dilaksanakan hari ini, siapa yang paling layak dipilih sebagai Capres dan Cawapres?".

Mantan Anggota Komisi II DPR RI ini juga berada di posisi teratas dalam simulasi 3 nama. Dalam simulasi, menggunakan dua model survei. Hasilnya Ganjar mendapat perolehan sebanyak 34,6 persen dan 46,8 persen.

Survei ini juga mengukur tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hasilnya, 62,8 persen responden merasa puas dengan kinerja Jokowi dalam tiga tahun terakhir.

Adapun survei dilakukan pada 12 Juni 2022 sampai 3 Juli 2022 yang diikuti 1.200 responden di seluruh Indonesia melalui wawancara via seluler.

Pengambilan sampel menggunakan metode multi-stage random sampling terhadap populasi nasional dengan tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebanyak 2,74 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper