Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shinzo Abe Meninggal Dunia, Menlu AS Blinken Bakal Mampir ke Tokyo Ucapkan Belasungkawa

Antony Blinken akan mengunjungi Tokyo pada Senin (11/7/2022) dan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida untuk mengucapkan belasungkawa secara langsung.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/ Bloomberg
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken berencana mengunjungi Tokyo dalam perjalanan kembali dari lawatannya ke Asia untuk menyampaikan belasungkawa atas penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Dilansir Bloomberg, dalam pertemuan menteri luar negeri G20 di Bali pada Sabtu (9/7/2022), Blinken mengungkapkan kesedihan dan keprihatinannya bahwa pertemuan kali ini dibayangi oleh kematian Perdana Menteri Jepang yang berpengaruh dan sekutu setia AS.

Blinken saat ini berada di Bangkok untuk pertemuan bilateral dengan pejabat senior Thailand, termasuk Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha.

“Aliansi AS-Jepang adalah landasan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik dan tidak pernah lebih kuat,” ungkap Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan, dikutip Minggu (10/7/2022).

Blinken, yang telah menyampaikan belasungkawa kepada menteri luar negeri Jepang di Bali, juga akan bertemu dengan pejabat senior Jepang pada hari Senin dalam kunjungan singkatnya di Tokyo.

Kyodo News sebelumnya melaporkan, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida membuat pengaturan untuk menerima telepon kehormatan dari Blinken pada Senin pagi, mengutip seorang pejabat pemerintah Jepang.

Acara persemayaman Abe akan dilakukan pada Senin dan pemakaman akan diadakan pada hari Selasa, menurut Kyodo dan media lokal lainnya.

Kunjungan Blinken ke Jepang dilakukan saat penyelidikan sedang berlangsung mengenai motif pria bersenjata yang menembak Abe saat dia sedang dalam kampanye untuk pemilihan majelis tinggi.

Adapun pada hari ini, para pemilih telah mulai memberikan suara mereka dan jajak pendapat media menjelang pemilihan menunjukkan partai LDP dan mitra koalisi juniornya akan mempertahankan suara mayoritas mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper