Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saat Shinzo Abe Balas Cuitan Jokowi dengan Bahasa Indonesia

Presiden Jokowi menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Shinzo Abe usai ditembak saat menyampaikan pidato kampanye politik pada Jumat (8/7/2022).
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 09 Juli 2022  |  01:20 WIB
Saat Shinzo Abe Balas Cuitan Jokowi dengan Bahasa Indonesia
Presiden Joko Widodo dan mantan PM Jepang Shinzo Abe - Setpres/Laily
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pada 28 Agustus 2020, tak lama setelah Shinzo Abe menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri (PM) Jepang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada Abe melalui cuitan di akun Twitter resminya.

Selain berterima kasih, Jokowi mengenang masa awal ketika dia menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia. Jokowi mengatakan Abe adalah salah satu pemimpin dunia yang pertama kali dia temui setelah jadi presiden pada 2014.

Menurut Jokowi, di bawah kepemimpinan Abe hubungan kerja sama antara Indonesia dan Jepang semakin erat. Dia pun menutup cuitan itu dengan doa. Jokowi berharap agar Abe selalu diberi kesehatan.

Dalam cuitan tersebut, Jokowi turut menyertakan foto dirinya dengan Abe yang sedang berjabat tangan. Kedua pemimpin tampak senyum menghadap kamera. Mereka serasi memakai jas berwarna biru. Bedanya, jas Abe sedikit lebih gelap.

Ternyata, cuitan tersebut dibalas Abe dengan Bahasa Indonesia. Padahal, Jokowi mencuit dalam Bahasa Inggris.

“Perkenankan saya mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya atas pesan hangat yang telah Yang Mulia tulis,” cuit Abe.

Abe membalas cuitan Jokowi setelah dua hari. Setidaknya, ada 5.000 pengguna Twitter yang mencuit ulang cuitan Abe tersebut. Bahkan, cuitan tersebut disukai tak kurang dari 23.000 orang.

“Ucapan terima kasih juga saya tujukan kepada Yang Mulia beserta segenap rakyat Indonesia atas persahabatan yang telah terjalin selama saya menjabat sebagai Perdana Menteri,” tutup Abe.

Untuk diketahui, Shinzo Abe meninggal dunia usai ditembak saat kampanye di Nara, Jepang pada , Jumat (8/7/2022). Upaya penyelamatan tak mampu menolong mantan PM Jepang itu.

Pemimpun dunia, termasuk Presiden Jokowi menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Shinzo Abe. Jokowi berharap keluarga mantan PM Jepang Shinzo Abe dan masyarakat Jepang diberikan kekuatan di masa sulit tersebut.

"Izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas kematian tragis mantan PM Abe Shinzo dari Jepang," kata Jokowi melalui akun twitter @jokowi, Jumat (8/7/2022).

Jokowi menegaskan bahwa kontribusi Shinzo Abe dalam memperkuat kerjasama RI-Jepang akan selalu dikenang oleh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shinzo abe Jokowi pm jepang jepang penembakan
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top