Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Iduladha 2022 Berbeda, Begini Aturan Salat Iduladha di Kota Bogor

Pemkot Bogor mengajak masyarakat menghormati perbedaan penetapan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah antara organisasi Muhammadiyah dan pemerintah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  06:09 WIB
Hari Iduladha 2022 Berbeda, Begini Aturan Salat Iduladha di Kota Bogor
Plh Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim usai melepas burung merpati pada HUT ke-76 Bhayangkara di depan Mapolreta Bogor Kota Jalan Kapten Muslihat, Selasa (5/7/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mengajak masyarakat menghormati perbedaan penetapan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah antara organisasi Muhammadiyah dan pemerintah dengan tetap memfasilitasi lokasi Salat Iduladha pada Sabtu (9/7/2022) dan Minggu (10/7/2022).

Pelaksana Harian Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim di Mapolresta Bogor, Selasa (5/7/2022), menyampaikan telah berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor untuk menyikapi hal tersebut.

"Kita berikan izin (Muhammadiyah lebih dulu), sudah konsolidasi dengan berbagai pihak, termasuk juga kami sudah koordinasikan dengan Forkopimda, pada prinsipnya tidak ada masalah," kata Dedie.

Menurut Dedie, perbedaan disikapi dengan rukun dan harmonis antarumat beragama di Kota Bogor akan membuat kenyamanan masyarakat.

Hasil sidang isbat penentuan awal bulan Dzulhijah 1443 yang disampaikan oleh Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Minggu (10/7/2022).

Sedangkan keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan 10 Dzulhijjah 1443 atau Hari Raya Iduladha jatuh pada Sabtu (9/7).

Pemerintah Kota Bogor, kata Dedie, mempersilakan masyarakat dalam hal ini organisasi Muhammadiyah untuk melaksanakan salat Iduladha 1443 Hijriah secara berjamaah di Lapangan Sempur dan masyarakat yang ikut ketetapan pemerintah pada hari selanjutnya di masjid-masjid atau lokasi yang memungkinkan.

"Pemkot Bogor rencananya di Masjid Raya, Insya Allah nanti kita koordinasikan dengan MUI dan lain lain," ujarnya.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto menambahkan dewan mendukung pemerintah kota, kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanaan Iduladha 1443 Hijriah.

Menurutnya, Forkopimda harus memastikan pelaksanaan Iduladha bisa berlangsung aman, kondusif, nyaman, dengan pelaksanaan yang mungkin berbeda.

"Saya kira (perbedaan) bentuk kekayaan negara kita, khasanah umat Islam, kita hormati masing-masing dan tidak ada yang salah semua benar, tinggal bagaimana keduanya saling menghormati," kata Atang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iduladha salat id muhammadiyah

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top