Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tewaskan 3 Orang, Penembak Pengunjung Mal di Kopenhagen Gangguan Jiwa

Pria yang menembak pengunjung mal di Kopenhagen diduga memiliki gangguan kejiwaan.
Ilustrasi penembakan/Bloomberg-Eric Thayer
Ilustrasi penembakan/Bloomberg-Eric Thayer

Bisnis.com, JAKARTA--Seorang pria berusia 22 tahun yang menembak mati tiga orang di mal ibu kota Denmark, Kopenhagen, dikenakan dakwaan pembunuhan di pengadilan kemarin.

Ketiga korban terdiri dari dua warga Denmark masing-masing berusia 17 tahun serta seorang warga Rusia berusia 47 tahun yang meninggal dalam penembakan pada Minggu (3/7/2022).

Tersangka pria itu diduga memiliki gangguan kejiwaan dan tak ada indikasi serangan itu bermotif teror, kata polisi seperfti dikutip BBC.com, Selasa (5/7/2022).

Pria itu tampil di pengadilan dengan mengenakan kaos biru dan didampingi tiga aparat bersenjata lengkap, menurut media Denmark.

Hanya saja penasihat hukum tersangka menolak mengajukan pembelaan untuk terdakwa dalam persidangan yang dihadiri media. Hakim memerintahkan sisa persidangan untuk dilakukan secara tertutup. Hakim juga memberlakukan larangan mengungkap nama tersangka dan korban.

Disebutkan tersangka akan ditahan di bangsal tertutup rumah sakit jiwa selama 24 hari, kata pihak berwenang.

Pria itu dilaporkan memiliki senjata dan pisau dan sasaran penembakan dilakukan secara acak sehingga tidak ada motivasi gender atau yang lain, kata polisi.

Kepala Polisi Soeren Thomassen mengatakan mereka yakin tersangka yang digambarkan sebagai "orang Denmark" bertindak sendiri dan dibantu oleh orang lain.

Thomassen menambahkan tersangka dikenal secara selintas oleh polisi. Kepolisian juga tengah menyelidiki video seorang pria muda dengan senjata yang beredar di media sosial sejak Minggu (3/7) dan diyakini video otentik.

Selain korban meninggal, empat orang luka-luka dalam serangan itu. Dua warga Denmark, perempuan berusia 40 tahun dan 19 tahun serta dua warga Swedia, pria tengah baya dan seorang remaja perempuan.

Satu orang di antaranya masih dalam kondisi kritis kata dokter di salah satu rumah sakit yang merawat korban tanpa rincian lebih lanjut.

Saat ditangkap, pria yang diduga pelaku penembakan memiliki senapan dan amunisi.

Pusat perbelanjaan Field's merupakan pusat perbelanjaan mal terbesar di Denmark dengan 140 toko dan restoran.

Mal bertingkat itu terletak di pinggiran Kopenhagen, tepat di seberang jalur kereta bawah tanah yang terhubung ke pusat kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper