Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sosok Tjahjo Kumolo di Mata Sri Mulyani: Teman dan Kolega yang Luar Biasa

Menteri Keuangan Sri Mulyani menceritakan pengalamannya bekerja saham dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo yang baru saja wafat hari ini, Jumat (1/7/2022).
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  18:00 WIB
Sosok Tjahjo Kumolo di Mata Sri Mulyani: Teman dan Kolega yang Luar Biasa
Jenazah Tjahjo Kumolo dibawa ke Taman Makam Pahlawan, Kalibata. - Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo pada hari ini, Jumat (1/7/2022).

“Tentu kita semua sangat berduka cita atas meninggalnya kawan satu kabinet, pak Tjahjo Kumolo,” katanya usai rapat kerja bersama dengan Badan Anggaran DPR RI, Jumat (1/7/2022).

Sri Mulyani mengatakan Tjahjo merupakan rekan kerja yang responsif saat masih menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Kabinet Kerja pada periode 2014 hingga 2019.

“Dulu sebagai partner di Kemendagri, beliau di dalam mendukung pengelolaan anggaran, terutama yang disalurkan kepada pemerintah daerah, pak Tjahjo selalu responsif bagaimana kita bersama-sama Kemenkeu dan Kemendagri dalam menjaga pelaksanaan tugas kita bersama,” katanya.

Tjahjo juga tetap konsisten kata Sri Mulyani saat dia menjabat sebagai Menpan RB pada Kabinet Indonesia Maju sejak Oktober 2019.

“Ketika beliau pindah ke Kemenpan RB dia tetap konsisten di dalam dukung reformasi birokrasi, mem-promote berbagai aturan-aturan perbaikan dari sisi tata kelola, juga sisi reward dan punishment ASN,” tuturnya.

Sri Mulyani pun mengingat Tjahjo sebagai sosok yang mendukung perubahan cara kerja ASN yang lebih modern, termasuk dalam menerapkan flexible working hour saat pandemi Covid-19.

“Seorang teman dan kolega yang luar biasa, sangat atentif, memberi perhatian, dan responsif terhadap kebutuhan negara ini. Saya sih kehilangan dalam hal ini,” katanya.

Dia menambahkan, Tjahjo selama in juga selalu memberikan banyak dukungan pada reformasi yang dilakukan di dalam pemerintahan.

“Juga komitmennya luar biasa saat menyampaikan bagaimana membentuk tata kelola baik di Kemendagri dan Kemenpan RB. Jadi sangat berduka cita, kita sangat kehilangan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani tjahjo kumolo
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top