Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiba di Munich, Ini Agenda Jokowi di KTT G7

Jokowi akan bergabung dengan para pemimpin G7 dalam KTT di Jerman. Salah satu agenda yang dibahas adalah dorongan perdamaian di Ukraina dan pemecahan krisis pangan.
Sambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) begitu sampai di Munich, Jerman, Minggu (27/6/2022)./Sumber foto: Istimewa
Sambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) begitu sampai di Munich, Jerman, Minggu (27/6/2022)./Sumber foto: Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman sekitar pukul 18.40 Waktu Setempat, Minggu, (26/6/2022).

Kepala Negara akan bergabung dengan para pemimpin G7 dalam KTT di Jerman. Adapun, salah satu agenda yang dibahas adalah dorongan perdamaian di Ukraina dan pemecahan krisis pangan.

"Di sini [Munich] kami akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi, yang sedang melanda dunia. Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita Indonesia akan terus berupaya," ujar Jokowi, dikutip melalui laman Sekretariat Kabinet, Minggu (26/6/2022).

Sekadar informasi, Indonesia dan beberapa negara lainnya seperti India, Senegal, Argentina, dan Afrika Selatan menjadi tamu undangan sebagai negara mitra G7, sekaligus Ketua Presidensi G20.

Bertemu Putin dan Zelensky

Dalam keterangan Retno sebelumnya, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Kiev dan Moskow untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Vladimir Putin.

“Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kyiv, Ukraina dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua Negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal. Kita paham situasi dunia saat ini sedang dalam kondisi yang rumit,” katanya, dikutip melalui Youtube MoFA Indonesia, Kamis (23/6/2022).

Dia melanjutkan, meskipun di tengah situati yang sulit dan kompleks, tetapi sebagai presiden G20 dan salah satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group (GCRG) yang dibentuk Sekjen PBB, Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi dan tidak memilih untuk diam.

Dia menyebut, Kepala Negara akan melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kunjungannya ke Kyiv dan Moskow.

“Setelah kunjungan ke Ukraina dan Rusia, destinasi terakhir Presiden pada kali ini [Juni 2022] adalah ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yang dimaksudkan untuk menindaklanjuti kerja sama ekonomi antara kedua Negara,” katanya.

Dikutip melalui laman Sekretariat Kabinet, setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa rombongan disambut cuaca cerah khas musim panas sekitar 28 derajat celcius saat tiba di Munich, ibu kota negara bagian Bavaria, Jerman.

Presiden Jokowi diagendakan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 esok hari di Istana Elmau, Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper