Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Peduli Lingkungan, Pegadaian Tanam 5.000 Pohon di Teluk Naga

Kegiatan peduli lingkungan ini dilakukan Pegadaian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui restorasi ekosistem bakau.
Penanaman bakau di Teluk Naga sebagai kegiatan peduli lingkungan oleh PT  Pegadaian/Istimewa
Penanaman bakau di Teluk Naga sebagai kegiatan peduli lingkungan oleh PT Pegadaian/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PT Pegadaian ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman 5.000 pohon mangrove bersama KORPS Marinir TNI Angkatan Laut yang diselenggarakan di Desa Tanjung Pasir, Kec Teluk Naga Tangerang, Banten.

Selain untuk mencegah abrasi dan ancaman banjir/rob, kegiatan ini dilakukan juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui restorasi ekosistem bakau. Hal ini juga sebagai wujud pemberdayaan wilayah pertahanan laut serta pelestarian lingkungan hidup di pesisir pantai.

Turut hadir, Komandan Pasukan Marinir 1 Brigadir Jenderal TNI Marinir Hermanto, Pejabat Utama Mako Pasmar 1, Pejabat Komandan Kolak Pasmar 1, Pejabat TNI/Polri wilayah Kecamatan Teluk Naga, Asper Perhutani Serang Banten, Wakil Kepala Perum Perhutani Banten, Kepala Balai Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Citarum, serta Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah.

Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah mengatakan, bahwa program ini sejalan dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan, untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs), diantaranya dengan menjaga kualitas lingkungan hidup.

“Besar harapan kami, kedepan lokasi penanaman ini dapat menjadi suatu lokasi yang sangat berguna bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Penanaman pohon mangrove ini akan memperbaiki habitat pantai yang menjadi rumah bagi ikan, kepiting dan hewan laut lainnya. Selain itu juga bisa menjadi tujuan wisata alam yang berdampak bagi masyarakat sekitar,” jelas Eka, dikutip dari siaran pers pada Kamis (23/6/2022).

Sementara itu, Komandan Pasmar 1, Brigadir Jenderal TNI Marinir Hermantomengatakan penanaman bakau ini akan dilakukan secara berkelanjutan, sehingga diharapkan dapat menggerakkan hal-hal yang berkaitan dengan aspek ekonomi dan sosial, untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Pegadaian karena telah mensupport kegiatan ini. Dengan begitu, kita bisa merangkul masyarakat dan juga lembaga masyarakat lainnya untuk berkolaborasi menjaga lingkungan sekitar kita, serta berharap akan ada jantung dan paru-paru dunia di Indonesia” ujar Brigjen Marinir Hermanto. 

PT Pegadaian memiliki prioritas terhadap kepedulian  lingkungan. Hal ini dibuktikan melalui program Pengelolaan Sampah terpilah baik organik maupun anorganik, yang dijalankan oleh masyarakat dan terintegrasi dengan 100 unit Bank Sampah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain bank sampah, Pegadaian juga mempunyai Program TJSL lain yang dilaksanakan oleh 12 Kantor Wilayah yang meliputi 61 Kantor Area serta Kantor Cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper