Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Puan di Kunker Jokowi ke Kalimantan Timur, Jadi Pertanda?

Kebedaraan Puan Maharani dalam kunjungan kerja Jokowi ke Kalimantan Timur menimbulkan banyak penafsiran, salah satunya sinyal dukungan Sang Presiden di Pilpres 2024.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 Juni 2022  |  16:58 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah) ikut dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Kalimantan Timur, Rabu (22/6 - 2022).
Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah) ikut dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Kalimantan Timur, Rabu (22/6 - 2022).

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan, termasuk sejumlah pimpinan media massa meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, pada Rabu (22/6/2022). Adapun, salah satu pejabat yang masuk dalam rombongan tersebut adalah Ketua DPR RI Puan Maharani.

Presiden Jokowi tidak berkomentar banyak ketika awak media mengonfirmasi soal keberadaan Puan di dalam rombongan tersebut.

"Silahkan aja ditafsirkan sendiri. Yang penting [tafsirannya] ojo kesusu," ujar Jokowi sambil berseloroh.

Keberadaan Puan di sekitar Jokowi memang menimbulkan berbagai asumsi, salah satunya adalah terkait bakal calon presiden (bacapres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pasalnya, PDIP tengah menghelat Rakernas II di Jakarta dengan salah satu agendanya adalah konsolidasi strategi menghadapi Pemilu 2024.

Lebih jauh, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan bahwa saat ini Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tengah mempertimbangkan sosok calon presiden untuk diusung partai di Pilpres 2024.

"Aspek ideologi sangat penting, mutlak, tak bisa ditawar-tawar," kata Hasto, Selasa (21/6/2022). Namun, Hasto belum bisa memastikan kapan Megawati akan mengumumkan nama capres dari PDI Perjuangan.

Berdasarkan hasil survei beberapa lembaga dan informasi yang santer beredar, PDIP memiliki dua kader kuat yang digadang akan maju di Pilpres 2024. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. 

Walhasil, keikutsertaan Puan dalam kunjungan kerja Jokowi ke Kalimantan Timur, menimbulkan banyak praduga terkait dukungan Sang Presiden. Sayangnya, saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, Jokowi enggan memastikannya. 

"Pak Ganjar gak ada di sini. Kalau ada Pak Ganjar, Saya jawab," katanya.

Diketahui, beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju juga ikut dalam kunjungan kerja Jokowi kali ini diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Salah satu agenda kunjungan Jokowi ke Kalimantan Timur adalah untuk meninjau progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Tiba di lokasi, Presiden langsung menyimak pemaparan panel dan maket bendungan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko.

Selepas melihat progres pembangunan bendungan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tiba-tiba menyampaikan pengumuman.

"Bapak Presiden, Ibu Puan, ini ada kelapa muda, khusus untuk Bapak Presiden dan para pemred. Tuan rumah nggak," ujar Menteri PUPR disambut tepuk tangan mereka yang hadir.

Presiden Jokowi pun mengambil satu kelapa muda, diikuti oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan sejumlah menteri yang turut mendampingi, serta para pemimpin redaksi media massa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pdip capres ganjar pranowo puan maharani Pilpres 2024
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top