Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Melalui Blibli Cinta Bumi, Penumpukan Sampah di Java Jazz 2022 Mengalami Penurunan

Penumpukan sampah di Java Jazz Festival 2022 mengalami penurunan dari tahun 2020 lalu.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  13:05 WIB
Melalui Blibli Cinta Bumi, Penumpukan Sampah di Java Jazz 2022 Mengalami Penurunan
Penampilan Bruno Major pada acara BNI Java Jazz Festival 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/2). BNI Java Jazz Festival 2020 akan berlangsung hingga tanggal 1 Maret 2020 dengan menampilkan sejumlah musisi dari dalam dan luar negeri/Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, SOLO - Gelaran acara Festival Musik Java Jazz 2022 tercatat hasilkan 6,3 ton sampah yang ternyata mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2020 lalu.

Blibli bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Greeners, dan PT Sinar Sosro melalui inisiatif Blibli Cinta Bumi memperkuat komitmennya dalam melestarikan lingkungan dan memperluas penerapan eco-conscious living di tengah masyarakat.

Kerja sama itu ditunjukkan melalui kolaborasi dalam mengelola limbah dari gelaran BNI Java Jazz Festival 2022.

Selama tiga hari acara berlangsung, lebih dari 6.200 kg timbunan sampah telah terkumpul yang meliputi botol plastik, kardus, kaleng, hingga sampah organik yang akan diolah kembali menjadi barang baru (upcycle) yang bernilai guna untuk komunitas perempuan dan marjinal.

Dalam hal ini, Blibli berkontribusi 12% dari total sampah, terdiri dari 50 kg sampah botol plastik dan 128 kg sampah kardus.

Upaya ini juga dilakukan sebagai bentuk dukungan Blibli terhadap kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 di bulan ini yang mengangkat tema “Hanya Satu Bumi”.

“Blibli mengucapkan terima kasih kepada para penonton Java Jazz 2022 yang telah berperan aktif mendukung gerakan mengurangi dan mengelola sampah ini. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dan menjalankan gaya hidup eco-friendly secara berkelanjutan, termasuk dalam melakukan hal-hal sederhana seperti memilah sampah di rumah dan di mana pun berada," ucap Lisa Widodo, COO Blibli, dalam keterangan resminya pada Sabtu (11/6/2022).

Lisa pun berharap melalui Blibli Cinta Bumi akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah secara tepat dan menjalankan eco-conscious living.

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menunjukkan, timbunan sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton.

Kebanyakan dari sampah tersebut tertimbun di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) karena upaya pemilahan dan pengelolaan sampah yang masih sangat terbatas.

Untuk itu, pemerintah telah mencanangkan program Indonesia Bersih Sampah 2025 yang menargetkan pengurangan sampah sebesar 30% dan mendaur ulang setidaknya 70% sampah.

"Pengurangan dan pengelolaan sampah merupakan upaya yang harus dilakukan secara kolektif dan konsisten, baik itu dari pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat. Untuk itu, kami mengapresiasi upaya BNI Java Jazz Festival 2022, Blibli, dan mitra-mitra lainnya yang telah menyuarakan upaya minim sampah dan pemilahan sampah bagi masyarakat luas,” ujar Novrizal Tahar, Direktur Penanganan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Selaras dengan visi dan misi pemerintah, Blibli sebagai pelaku industri di Indonesia yang menjalankan inisiatif ramah lingkungan lewat Blibli Cinta Bumi.

Blibli juga konsisten menjalankan prinsip sebagai e-commerce dengan bisnis berkelanjutan lewat penerapan konsep ESG (Environmental, Social, Governance) di setiap langkah perusahaan.

Sejalan dengan Blibli, Syaiful Rochman selaku CEO Greeners.co sebagai partner mengatakan bahwa pengelolaan sampah merupakan bentuk tanggung jawab bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

"Maka dari itu, kami mengucapkan terima kasih kepada para penikmat jazz, para mitra, dan KLHK yang telah bersama-sama meningkatkan kesadaran dalam mendukung pemilahan dan daur ulang sampah, khususnya di penyelenggaraan BNI Java Jazz Festival 2022.Semoga kolaborasi ini dapat menginspirasi masyarakat luas dalam mengelola sampah dengan lebih bijak,”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

java jazz festival java jazz sampah Sampah Plastik
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top