Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gempa Susulan M 4,8 Guncang Mamuju Sulawesi Barat

Gempa bumi susulan magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Mamuju.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 08 Juni 2022  |  21:49 WIB
Gempa Susulan M 4,8 Guncang Mamuju Sulawesi Barat
Warga melintas di dekat anjungan tunai mandiri yang rusak akibat gempa bumi magnitudo 6,2 di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (16/1/2021). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan korban meninggal dunia akibat gempa di Sulawesi Barat per Sabtu 16 Januari sore sebanyak 46 orang. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA -- Gempa susulan magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Mamuju, Sulawesi Barat pada pukul 19.47 WIB, Rabu (8/6/2022). 

Sebelumnya wilayah Mamuju juga diguncang gempa magnitudo 5,8 mengguncang Mamuju siang tadi pukul 12.32 WIB.

Berdasarkan informasi resmi BMKG, gempa susulan tersebut berada di kedalaman 5 km dan pusat gempat berada di laut 54 km Barat Laut Majene. 

Pada gempa pertama, informasi BMKG menerangkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun, di gempa susulan ini pihaknya tidak memberi keterangan secara jelas terkait potensi bencana tersebut.

Sebelumnya BMKG melakukan pemantauan dan menunjukkan bahwa gempa bumi susulan dapat terjadi dengan kekuatan 2,8 magnitudo. Fakta yang baru saja terjadi diluar perkiraan tersebut lebih besar yang dugaan.

Lewat siaran pers, Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Bambang Setiyono Prayitno mengimbau masyarakat setempat untuk tetap tenang dan hindari isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah diverifikasi," sarannya.

Selain itu, ia juga mengarahkan masyarakat untuk memastikan bangunan tempat tinggal masyarakat tahan gempa dan tidak ada retak atau rusak akibat gempa yang dapat membahayakan kestabilan bangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mamuju Gempa Palu
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top