Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Dihantam Gelombang Panas 49,2 Derajat Celcius

India dihantam gelombang panas mencapai 49,2 derajat Celcius (120,5F) di beberapa bagian Ibu Kota Delhi.
Warga New Delhi India mengantre mengisi air dari tanki yang disediakan pemerintah, Senin (22/2/2016)./Reuters-Anindito Mukherjee
Warga New Delhi India mengantre mengisi air dari tanki yang disediakan pemerintah, Senin (22/2/2016)./Reuters-Anindito Mukherjee

Bisnis.com, JAKARTA - India dihantam gelombang panas mencapai 49,2 derajat Celcius (120,5F) di beberapa bagian Ibu Kota Delhi. Ini merupakan gelombang panas kelima di kota itu sejak Maret 2022.

Melansir laman BBC, Rabu (18/5/2022) otoritas setempat telah meminta orang-orang untuk mengambil tindakan pencegahan karena suhu akan tetap tinggi.

Mereka memperingatkan panas dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi yang rentan, termasuk bayi, orangtua dan orang dengan penyakit kronis.

Departemen Urusan Cuaca India menyebutk, negara bagian Himachal Pradesh, Haryana, Uttarakhand, Punjab, dan Bihar secara khusus telah mengalami kenaikan suhu dalam beberapa hari terakhir.

Lembaga tersebut menambahkan bahwa suhu kemungkinan akan turun 2-4 derajat Celcius di beberapa daerah.

Gelombang panas yang parah telah membuang jutaan nyawa dan mata pencaharian di India utara musim panas ini. Awal bulan ini, Perdana Menteri Narendra Modi meminta kepala menteri negara bagian untuk menyusun rencana untuk mengurangi dampak panas ekstrem karena suhu naik lebih cepat dari biasanya.

Sementara, gelombang panas biasa terjadi di India, terutama pada bulan Mei dan Juni, musim panas dimulai awal tahun ini dengan suhu tinggi dari bulan Maret, ketika gelombang panas pertama tiba.

Suhu maksimum rata-rata untuk bulan itu adalah yang tertinggi dalam 122 tahun. Pusat Sains dan Lingkungan, sebuah wadah pemikir, mengatakan bahwa gelombang panas awal tahun ini telah mempengaruhi sekitar 15 negara bagian, termasuk negara bagian Himachal Pradesh di utara yang biasanya dikenal dengan suhu yang menyenangkan.

Banyak ahli mengatakan India sekarang merekam gelombang panas yang lebih intens dan sering dengan durasi yang lebih lama Naresh Kumar, seorang ilmuwan senior di Departemen Meteorologi India (IMD), mengaitkan gelombang panas saat ini dengan faktor atmosfer lokal.

Yang utama adalah gangguan barat yang lemah atau badai yang berasal dari wilayah Mediterania yang berarti sedikit curah hujan pra-musim di India barat laut dan tengah.

Antisiklon atau area bertekanan atmosfer tinggi tempat udara tenggelam juga menyebabkan cuaca panas dan kering di beberapa bagian India barat pada bulan Maret.

Panen Gandum

Efeknya para petani mengatakan lonjakan suhu yang tak terduga telah mempengaruhi panen gandum mereka, sebuah perkembangan yang berpotensi memiliki konsekuensi global karena gangguan pasokan akibat perang Ukraina.

Panas juga memicu peningkatan permintaan listrik, yang menyebabkan pemadaman di banyak negara bagian dan kekhawatiran akan kekurangan batu bara. Musim panas selalu melelahkan di banyak bagian India, terutama di wilayah utara dan tengah.

Bahkan sebelum AC dan pendingin air mulai terjual dalam jutaan, orang telah menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi panas dengan menjaga air tetap dingin di kendi tanah hingga menggosok mangga mentah di tubuh mereka untuk menangkal serangan panas.

Tetapi banyak ahli mengatakan India sekarang merekam gelombang panas yang lebih intens dan sering dengan durasi yang lebih lama.

Roxy Mathew Koll, seorang ilmuwan iklim di Institut Meteorologi Tropis India, setuju bahwa beberapa faktor atmosfer telah menyebabkan gelombang panas saat ini. Tetapi menambahkan semua itu, katanya, adalah pemanasan global.

"Itulah penyebab utama peningkatan gelombang panas," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk menghubungkan perubahan iklim dengan fluktuasi cuaca lain yang tidak terlalu ekstrem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper