Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pandemi Makin Terkendali, Jokowi Relaksasi Sejumlah Kebijakan, Apa Saja?

Jokowi merelaksasi sejumlah kebijakan pada masa pandemi Covid-19, diantaranya terkait pemakaian masker dan kebijakan tes usap PCR atau antigen bagi pelaku perjalanan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  17:52 WIB
Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2022 yang digelar secara virtual di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis, (28/4/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden-Lukas - pri.
Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2022 yang digelar secara virtual di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis, (28/4/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden-Lukas - pri.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merelaksasi sejumlah kebijakan pada masa pandemi Covid-19, diantaranya terkait pemakaian masker dan kebijakan tes usap PCR atau antigen bagi pelaku perjalanan.

Adapun, aturan tes PCR dan Antigen ditujukan dan berlaku bagi masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

"Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen," katanya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Lebih lanjut, dia menyampaikan Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka.

Kebijakan tersebut diambil dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini makin terkendali.

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker," ungkap Jokowi.

Sementara itu, bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, Presiden Jokowi tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

"Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi masker Covid-19 PCR
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top